Web Portal Pendidikan – Selamat pagi sob, kali ini kita akan bahas pengertian gaya dan energi. Kedua hal tersebut tentunya mempunyai arti yang berbeda dan mempunyai dua keterkaitan. Untuk lebih jelasnya dapat kalian simak dalam artikel berikut.

Pengertian Gaya dan Energi

Pengertian Gaya

Gaya merupakan tarikan atau dorongan yang dapat menyebabkan benda berpindah tempat atau bergerak. Gaya dapat dikelompokkan berdasarkan dua kategori berikut.

  1. Gaya Sentuh
  2. Gaya Tidak Sentuh
Gaya Sentuh

Gaya sentuh adalah gaya yang mengenai (menyentuh) benda secara langsung, Contohnya gaya gesekan dan gaya pegas. Gaya gesekan terjadi karena bila dua permukaan benda saling bersentuhan dan bergerak berlawanan arah. Contohnya, bola yang menggelinding di lapangan akhirnya berhenti.

Makin besar gaya gesekan makin lambat pula gerak suatu benda tersebut. Sebaliknya, makin kecil gaya gesekan suatu benda maka makin cepat pula gerakan dari suatu benda tersebut.

Gaya Tidak Sentuh

Gaya tidak sentuh adalah gaya yang tidak mengenai (menyentuh) suatu benda. Contohnya, gaya magnet, gaya listrik statis, gaya gravitasi. Gaya magnet dapat menarik benda benda tertentu dari jarak tertentu pula.

Magnet adalah benda yang memiliki medan magnet di ruang sekitarnya. Medan magnet itulah yang menghasilkan gaya magnet.

Sifat Sifat Magnet

  • Magnet dapat menarik dan menembus benda benda tertentu
  • Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan
  • Kekuatan magnet terletak pada kedua kutubnya
  • Kutub kutub senama tolak menolak dan kutub kutub tidak senama tarik menarik

Cara Membuat Magnet

  • Induksi, dilakukan dengan cara mendekatkan magnet terhadap besi atau baja yang akan kita jadikan magnet.
  • Digosok, dilakukan dengan cara menggosok gosokkan magnet secara searah pada besi atau baja yang akan kita jadikan magnet.
  • Dialiri aliran listrik atau elektromagnet, dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik melalui kawat atau kabel yang dililitkan pada besi atau baja yang akan kita jadikan magnet.

Manfaat Penggunaan Magnet

Magnet digunakan pada berbagai macam alat keperluan manusia, seperti kompas, dinamo, alat pengangkut besi tua, lemari es, pengunci kotak pensil, dan telepon.

Gaya listrik statis dapat menarik benda benda tertentu, misalnya seperti mika yang digosokkan pada kain dapat menarik potongan kertas kecil. Gaya tarik bumi atau gaya gravitasi adalah gaya tarik yang arahnya ke pusat bumi. Contohnya buah jatuh ke tanah dan benda yang kita lempar ke atas kembali jatuh kebawah.

Berdasarkan Besar dan Arah Gaya

Gaya seimbang, Gaya seimbang adalah gaya yang besarnya sama sehingga tidak menyebabkan benda bergerak. Gaya tidak seimbang, adalah gaya yang besarnya tidak sama sehingga menyebabkan benda bergerak menuju ke arah tertentu.

Pengaruh Gaya Terhadap Benda

  • Gaya Dapat Mempengaruhi Gerak Benda
    1. Gaya dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak.
    2. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak menjadi berubah arah.
  • Gaya Dapat Mempengaruhi Bentuk Benda
    Tanah liat yang ditekan tekan dapat dibuat menjadi pot dan benda seni. Plastisin dapat dibuat menjadi berbagai bentuk.
pengertian energi
energi mempunyai banyak macam, energi gerak, energi listrik, energi panas

Pengertian Energi

Bentuk Bentuk Energi dan Sumbernya

  1. Energi gerak/kinetik, yaitu energi yang ditimbulkan karena gerak benda. Contohnya, energi pada air yang mengalir dan energi pada angin yang bertiup. Air yang mengalir dan angin disebut sumber energi.
  2. Energi Kimia, yaitu energi yang tersimpan di dalam bahan bahan kimia. Contohnya, energi pada bahan makanan, bakan bakar, baterai dan aki. Bahan bahan tersebut yang disebut dengan sumber energi.
  3. Energi Bunyi, yaitu energi yang ditimbulkan oleh benda yang bergetar. Contohnya, energi pada lonceng yang dipukul, peluit yang ditiup, guntur, dan alat musik. Lonceng, guntur, dan alat musik disebut sumber energi.
  4. Energi Panas/Kalor, yaitu energi yang dihasilkan oleh benda benda yang menghasilkan panas. Contohnya, energi pada matahari, listrik, api dan panas bumi. Matahari, listrik, api, panas bumi disebut sumber energi.
  5. Energi Listrik, yaitu energi yang timbul karena adanya arus listrik. Contohnya, energi yang dihasilkan oleh baterai, dinamo, dan matahari. Baterai, dinamo, aki, dan matahari disebut sumber energi.
  6. Energi cahaya, yaitu energi yang dihasilkan oleh cahaya sendiri. Contohnya adalah cahaya matahari, lampu dan lilin. Matahari, lampu, dan lilin disebut juga sebagai sumber energi.

Perubahan Bentuk Energi

Energi dapat berubah bentuk dari bentuk energi satu ke bentuk energi yang lain.

  • Energi kimia menjadi energi gerak. Contohnya energi kimia pada bahan bakar menyebabkan mobil dapat bergerak.
  • Energi kimia menjadi energi panas. Contohnya energi kimia pada bahan makanan yang kita makan menghasilkan panas pada tubuh kita.
  • Energi kimia menjadi energi listrik. Contohnya energi kimia pada baterai dan aki dapat menghasilkan energi listrik jika digunakan pada alat listrik.
  • Energi gerak menjadi energi listrik. Contohnya dinamo dan generator.
  • Energi listrik menjadi energi kimia. Contohnya pada proses penyetruman aki dan baterai, energi listrik diubah menjadi energi kimia yang tersimpan pada baterai dan aki.
  • Energi listrik menjadi energi gerak. Contohnya bor listrik, kipas angin, dan motor listrik.
  • Energi listrik menjadi energi panas. Contohny, kompor listrik, pemanas air, solder, dan oven listrik.
  • Energi listrik menjadi energi bunyi. Contohnya radio dan organ.

Manfaat Sumber Energi

  • Matahari
    Matahari merupakan sumber energi utama bumi. Panas dan cahaya matahari digunakan untuk pembentukan sumber makanan oleh tumbuhan (fotosintesis), pemanasan/pengeringan, penerangan dan pembangkit listrik.
  • Angin
    Gerakan angin dimanfaatkan untuk menggerakan perahu layar, kincir angin, pembangkit listrik, dan bermain layang layang.
  • Air
    Air yang mengalir dapat menggerakan turbin pada PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), menghanyutkan kayu dari hutan ke hilir, dan sebagai alat transportasi air.
  • Minyak dan Gas Bumi
    Minyak bumi dan gas bumi digunakan untuk bahan bakar mobil atau motor, pesawat terbang dan bahan bakar rumah tangga
  • Bahan Makanan
    Bahan makanan sebagai sumber energi yang diperlukan untuk menjalankan seluruh fungsi organ tubuh, mempertahankan hidup, dan memenuhi keperluan hidup.

Itulah penjelasan dan pengertian gaya dan energi. Pengertian gaya dan energi diatas sudah kami jelaskan dengan lengkap. Semga dengan adanya artikel tersebut dapat membantu kalian untuk lebih memahami gaya dan juga energi.

Untuk kritik saran dan membangun dari artikel pengertian gaya dan energi, sekiranya dapat berkomentar dibawah ini. Kami sangat mengapresiasi buat kalian yang memberikan saran dan komentar yang sesuai dengan topik diatas. Untuk itu kami ucapkan terima kasih.

Mas Hafiz
Seorang blogger amatir yang hobinya nulis, tidak terikat instansi apapun. Jika kamu mempunyai hobi yang sama, mari kita bangun situs ini lebih baik. Mencerdaskan seluruh pembaca adalah niat dan tujuan situs ini berdiri.