Konsep Kekuasaan Politik
Konsep Kekuasaan Dalam Politik
Halo Sahabat belapendidikan.com. Pada Kesempatan kali ini saya akan memberikan pengertian hukum secara lengkap tentang Apa itu hukum, Hukum Itu sangat Penting Demi tercapainya ketertiban dunia,Tanpa adanya Hukum seperti apakah dunia nantinya.untuk para pembaca simak pennjelasan berikut,Cekidot

Pengertian Hukum Secara Lengkap

dari mana asalnya?Hukum adalah peraturan yang berupa norma dan sanksi yang dibuat dengan tujuan untuk mengatur tingkah laku manusia, menjaga ketertiban, keadilan, mencegah terjadinya kekacauan. Hukum mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan kita setiap hari. Kami memiliki hukum untuk menangani kejahatan seperti perampokan dan pembunuhan. Dan kita memiliki undang-undang yang mengatur kegiatan seperti mengendarai mobil, mendapatkan pekerjaan, dan menikah. Hukum memberi kita aturan perilaku yang melindungi hak-hak setiap orang.

Supremasi hukum, kebebasan di bawah hukum, prinsip-prinsip demokrasi, dan menghormati orang lain membentuk dasar dari warisan hukum Kanada. Setiap Kanada harus memahami hukum, dan ide-ide dan prinsip-prinsip di balik itu. Publikasi ini akan membantu pembaca memahami

  • bagaimana beroperasi??
  • Apa Tujuan Hukum   ???

Hukum Bertujuan menyeimbangkan hak individu dengan kewajiban kita sebagai anggota masyarakat. Misalnya, ketika hukum memberikan seseorang hak hukum untuk mendorong, itu juga membuat tugas untuk driver untuk tahu cara mengemudi dan mengikuti aturan jalan.

Mengapa kita perlu undang-undang
Hukum adalah aturan yang dibuat oleh pemerintah yang melarang tindakan tertentu dan ditegakkan oleh pengadilan. Hukum berlaku untuk semua orang sama. Jika Anda melanggar hukum, Anda mungkin harus membayar denda, membayar kerusakan yang telah Anda lakukan, atau masuk penjara.

Baca Juga >> Pengertian Hukum Tata Negara

Hukum menyediakan cara untuk menyelesaikan sengketa secara damai.

Bayangkan kekacauan – dan bahaya – jika tidak ada hukum. Orang-orang terkuat akan berada dalam kontrol dan orang-orang akan hidup dalam ketakutan. Driver bisa memilih sisi mana jalan untuk mendorong dan tidak ada yang bisa menghentikan mereka. Bayangkan mencoba untuk membeli dan menjual barang-barang jika tidak ada harus menepati janji. Atau mencoba untuk memegang properti pribadi Anda atau bahkan untuk menjaga diri aman jika tidak ada hukum yang menentang perampokan atau penyerangan.

Hukum kita juga mengakui dan melindungi hak-hak individu dan kebebasan dasar, seperti kebebasan dan kesetaraan. Bahkan dalam masyarakat tertata, orang tidak setuju, dan konflik muncul. Hukum menyediakan cara untuk menyelesaikan sengketa secara damai.

Jika dua orang mengklaim bagian yang sama dari properti, bukan melawan mereka beralih ke hukum. Pengadilan dapat memutuskan siapa pemilik sebenarnya dan bagaimana melindungi hak-hak pemilik.

Pengertian Hukum Secara Lengkap

Hukum membantu untuk memastikan masyarakat yang aman dan damai. Sistem hukum Kanada menghormati hak-hak individu dan memastikan bahwa masyarakat kita tertib. Ini berlaku hukum yang sama untuk semua orang. Ini termasuk polisi, pemerintah dan pejabat publik. Semua dari mereka harus menjalankan tugasnya sesuai dengan hukum.

Baca Juga >> Objek Dan Masalah Sosiologi Hukum

Apa tujuan-tujuan lain yang hukum capai?

Saya Ambil Contoh Di Kanada, hukum juga melaksanakan kebijakan sosial. Hukum memungkinkan sistem untuk diletakkan di tempat bagi pemerintah untuk memberikan, misalnya,

  • manfaat ketika para pekerja terluka pada pekerjaan;
  • asuransi ketika para pekerja yang menganggur;
  • kesehatan; dan
  • pinjaman kepada siswa.

Hukum publik dan hukum privat
Hukum dapat dibagi menjadi hukum publik dan hukum privat.

Hukum publik menetapkan aturan untuk hubungan antara individu dan masyarakat. Jika seseorang melanggar hukum pidana, hal ini dilihat sebagai salah terhadap masyarakat. Itu termasuk:

  • hukum pidana, yang berkaitan dengan kejahatan dan hukuman mereka
  • hukum konstitusional, yang mendefinisikan hubungan antara berbagai cabang pemerintahan, serta antara pemerintah federal dan provinsi; itu juga membatasi penggunaan kekuasaan pemerintah atas individu-individu melalui perlindungan hak asasi manusia dan kebebasan dasar
  • hukum administrasi, yang berkaitan dengan tindakan dan operasi dari pemerintah

Contoh :Jika seseorang lari dari toko dengan barang-barang yang belum dibayar, itu pencurian. Ini melanggar hukum publik karena mempengaruhi orang lain. Jika Anda kembali mobil Anda ke pagar seseorang, Anda bisa melanggar hak mereka untuk menikmati properti mereka. Yang berada di bawah hukum privat.

Hukum swasta menetapkan aturan antara individu. Hal ini juga disebut hukum perdata. Hukum privat mengendap perselisihan antara kelompok orang dan mengkompensasi korban, seperti dalam contoh pagar. Sebuah kasus perdata adalah suatu tindakan yang mengendap sengketa pribadi.


Nah itulah Penjelasan Tentang pengertian hukum secara lengkap, Sudah mengerti kan sekarang…
Semoga Artikel kali ini bisa menjadi referensi agar Kita bisa menjaga Ketertiban dan bisa taat pada hukum.

10 KOMENTAR

  1. hukum yang baik adalah yang bisa d taati oleh semua orang 😀
    hehehe.. namun masih banyak orang yang mengartikan hukum dg jalan pemaksaan :/

  2. parkir sembarangan di wilayah orang lain itu juga adalah hukum privat waw, tapi sayang dengan keterbatasan hukum-hukum ini

  3. hukum di indonesia sekarang tidak ketat, hukum bisa dibeli, yang banyak uang dia yang megang hukum

  4. sekarang hukum di indonesia khususnya untuk pendidikan, guru yang sebagai pembimbing anak/siswa justru malah terkena hukum, lucu skali indonesia saat ini

LEAVE A REPLY