Pengertian STDS, Gejala dan Cara Pencegahan

oleh
Pengertian STDS

STDS merupakan salah satu penyakit menular yang bisa menulari banyak orang. Disebabkan oleh bakteri, parasite, virus, jamur dan lainnya dengan perantara seks bebas. Tidak hanya manusia, penyakit ini juga bisa menyebar ke hewan. Karena itu lah, sangat penting untuk Anda untuk mengetahui pengertian STDS, prilaku, dan gejala apa saja yang di akibatkan oleh STDS ini.

Pengertian STDS

Sexually Transmitted Diseases (STDS) adalah infeksi yang menular seksual yang di akibatkan oleh bakteri, virus atau jamur yang menular melalui seks. Penyakit ini telah ada berates-ratus tahun lalu. Hidup tidak sehat juga di ketahui menjadi penyebab STDS. Tidak hanya itu, STDS juga bisa disebabkan karena PMS, penyakit menular seksual.

Penyakit ini bisa terjadi karena hubungan seksual dimana satu orang yang memiliki penyakit akan menularkan penyakitnya melalui hubungan seksual. Penyakit ini sering juga di sebut sebagai Veneral Disease atau lebih dikenal sebagai PMS (Penyakit Menular Seksual).

Prilaku Terkait STDS

Penyakit ini menyebar dengan sangat pesat melalui rantai penylaran infeksi yaitu wanita atau pria tunasusila dalam kehidupan rumah tangga. Tidak hanya itu, beberapa prilaku seksual baik itu hal kecil dapat berpengaruh pada proses penyebaran STDS ini.

Penyakit jenis ini memang bisa di obati atau di cegah dengan beberapa pengobatan yang tepat agar tak memancing penyakit, kehamilan yang tak dinginkan, masalah biologis, social, psikologis, etika, dan spiritual. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit menular karena bisa mengakibatkan banyak penyakit yang tak dinginkan.

Pengertian STDS

Dalam kalangan remaja, prilaku terkait seksual sudah susah di bendung agar tak terjerumus lebih dalam. Salah satu pencegahan yang pas adalah memperkuat iman dan mengajarkan akan bahaya yang ada akibat seksual, salah satunya adalah penyakit menular ini.

Mengenal Gejala STDS

Beberapa orang mendapati dirinya mengalami gejala STDS yang berlainan namun pada dasarnya sama saja. Hal yang membedakan adalah apakah dia laki-laki atau perempuan karena jenis kelamin juga menjadi factor gejala STDS.

Beberapa kasus memperlihatkan beberapa luka, cairan tak normal, sakit saat BAB/BAK, warna kulit berubah, tonjolan, sakit pada bagian bawah perut, dan mengalami kemerahan. Semua terjadi di sekitar area alat kelamin dan jika terjadi gejala seperti ini, sebaiknya yang bersangkutan segera menindaklanjutinya.

Pencegahan STDS

Setelah Anda memahai pengertian STDS, gejala, dan hal penting lainnya diatas, maka dari itu selanjutnya adalah Anda harus mengetahui betul bagaimana cara penceghaan penyakit STDS yang tepat. Sebenarnya pencegahan ini akan sukses jika sedari dulu Anda sudah di ajarkan mana yang baik dan mana yang benar, kembali lagi, lingkungan sekitar adalah factor utama.

STDS hampir mirip dengan AIDS yang sama-sama PMS (Penyakit Menular Seksual). Cara pencegahannya pun sedikit sama dengan AIDS yaitu mencoba terhindar dari pergaulan bebas, membiasakan diri hidup sehat, memperkuat keagamaan, bersosialisasi secara sehat, dan berbaur dengan orang-orang yang jauh akan pengaruh pergaulan bebas, Narkoba, dan lainnya.

Dalam pencegahaan yang lebih baik adalah menjaga kebersihan. STDS merupakan salah satu penyakit seksual menular yang di akibatkan oleh virus, bakteri, kuman, dan segala jenis parasite lainnya. Langkah ampuh dalam menghilangkan semua itu adalah dengan melakukan tindakan kebersihan yang di dukung oleh diri sendiri.

Baca juga: Pengertian dan Sejarah Pancasila

Pengertian STDS, gejala, dan hal penting terkait STDS yang dibahas diatas harus benar-benar di perhatikan guna memperkecil penderita STDS di Indonesia dan dunia.