Pengertian Waralaba Lengkap

200
Pengertian waralaba
Pengertian waralaba

Web portal pendidikan – Kali ini saya ingin bahas pengertian umum Waralaba. Tahukah kalian apa sih waralaba itu ? Nah, di artikel kali ini akan saya ulas dengan lengkap pengertian Waralaba.

Waralaba

PH Collin, dalam Law Dictionary mendefinisikan waralaba sebagai “License to trade using a brand name and paying a royalty for it“. Definisi tersebut menekankan pada pentingnya peran nama dagang dalam pemberian waralaba dengan imbalan royalty.

Sejalan namun agak berbeda, Franchise atau Waralaba dalam Black’s law Dictionary diartikan sebagai :

A special privilege granted or sold, such as to use a name or to sell products or service. In its simple terms, a Franchise is a license from owner of a trademark or trade name permitting another to sell a product or service under that name or mark.

Rumusan diatas menunjukan pada kita semua bahwa waralaba ternyata tidak juga mengandung unsur unsur sebagaimana yang diberikan pada lisensi. Hanya saja dalam pengertian waralaba tersebut dalam Black’s Law Dictionary, waralaba menekankan pada pemberian hak untuk menjual produk berupa barang atau jasa dengan memanfaatkan merek dagang.

Dimana pihak Franchisee (penerima waralaba) berkewajiban untuk mengikuti metode dan tata cara atau prosedur yang ditetapkan oleh pemberi waralaba.

Dengan kaitannya dengan pemberian izin dan kewajiban pemenuhan standar dari pemberi waralaba, pemberi akan memberikan bantuan pemasaran, promosi maupun bantuan teknis lainnya agar penerima waralaba dapat menjalankan usahanya dengan baik.

Pengertian Waralaba

Dalam pengertian yang demikian dapat kita tarik suatu kesimpulan bahwa seorang penerima waralaba juga menjalankan usahanya sendiri tetapi dengan menggunakan merek dagang atau merek jasa dengan memanfaatkan metode dan tata cara prosedur yang telah ditetapkan oleh pemberi waralaba.

Kewajiban untuk mempergunakan metode dan tata cara prosedur yang ditetapkan membawa akibat lebih lanjut bahwa suatu usaha waralaba adalah usaha mandiri, yang tidak mungkin digabungkan dengan kegiatan usaha lainnya.

Ini berarti pemberian waralaba menuntut eksklusivitas, dan bahkan dalam banyak hal mewajibkan terjadinya non-competition bagi penerima waralaba, bahkan setelah perjanjian pemberian waralabanya berakhir.

Eksklusivitas

Pengertian mengenai eksklusivitas dapat kita telusuri lebih jauh dari pengertian Franchised Dealer dalam Black’s Law Dictionary, dimana dikatakan bahwa Franchised Dealer adalah :

A retailer who sells the product or service of a manufacturer or supplier under a Franchise agreement which generally protects the territory for the retailer and provides advertising and promotion support to him.

Pengertian waralaba (Franchise Dealer) diatas menunjukan pada kita semua bahwa eksklusivitas yang diberikan oleh penerima waralaba juga ternyata diimbangi oleh pemberian eksklusivitas pemberi waralaba kepada penerima waralaba atas suatu wilayah kegiatan tertentu.

Makna eksklusivitas yang diberikan, juga diakui dalam Kamus Istilah Keuangan dan Investasi karya John Downes dan Jordan Elliot Goodman, yang memberikan arti bagi Franchise (hak kelola) sebagai :

Suatu hak khusus yang diberikan kepada dealer oleh suatu usaha manufaktur atau organisasi jasa waralaba, untuk menjual produk atau jasa pemilik waralaba di suatu wilayah tertentu, dengan atau tanpa eksklusivitas.

Dapat kita lihat bahwa pengertian waralaba yang diberikan dalam Kamus Istilah Keuangan dan Investasi tersebut lebih menekankan pada pemberian konsultasi, bantuan promosional, dan pembiayaan serta manfaat lain yang diberikan oleh si pemberi waralaba kepada si penerima dengan pertukaran suatu persentase dari penjualan atau laba dari penerima waralaba kepada si pemberi waralaba.

Suatu pengertian lain yang mendapat penekanan dari pengertian waralaba menurut John Downes dan Jordan Elliot Goodman dalam Kamus Istilah Keuangan dan Investasi adalah bahwa waralaba biasanya juga memenuhi persyaratan investasi awal tunai yang harus disediakan oleh penerima waralaba.

Waralaba

Jadi dalam hal ini jelas bahwa waralaba melibatkan suatu kewajiban untuk menggunakan suatu sistem dan metode yang ditetapkan oleh pemberi waralaba termasuk didalamnya hak untuk mempergunakan merek dagang.

Pengertian waralaba (yang umum) ini dibedakan dari waralaba nama dagang yang memang mengkhususkan diri pada perizinan penggunaan nama dagang dalam rangka pemberian izin melakukan penjualan produk pemberi waralaba dalam suatu batas wilayah tertentu.

Makna yang terakhir ini menyatakan bahwa dalam pemberian waralaba nama dagang seringkali terikat dengan kewajiban untuk memenuhi persyaratan penentuan harga yang telah ditetapkan dan digariskan oleh si pemberi waralaba.

Eksklusivitas dan penentuan harga yang relatif seragam ini perpu mendapat perhatian khusus pada negara negara yang sudah memberikan pengaturan mengenai anti trust.

Dari pengertian, definisi maupun rumusan yang telah diberikan di atas, dapat kita katakan bahwa pada dasarnya waralaba merupakan salah satu bentuk pemberian lisensi, hanya saja agak berbeda dengan pengertian lisensi pada umumnya.

Waralaba menekankan pada kewajiban untuk mempergunakan sistem, metode, tata cara, prosedur, metode pemasaran dan penjualan maupun hal hal yang telah ditentukan oleh pemberi waralaba secara eksklusif serta tidak boleh dilanggar maupun diabaikan oleh penerima lisensi.

Seorang atau satu pihak yang menerima waralaba tidaklah dimungkinkan untuk melakukan kegiatan lain yang sejenis atau berbeda dalam suatu lingkungan yang mungkin menimbulkan persaingan dengan kegiatan usaha waralaba yang diperolehnya dari pemberi waralaba.

Dalam Peraturan Pemerintah RI No. 16 Tahun 1997 tanggal 18 Juni 1997 tentang WARALABA dikatakan bahwa :

Waralaba adalah perikatan di mana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan atau penjualan barang dan atau jasa (Pasal 1 angka 1).

Itulah ulasan dari pengertian waralaba. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan yang sebesar besarnya dari pengguna web portal pendidikan ini.