Penjelasan Lengkap Kebugaran Jasmani

oleh
penjelasan lengkap tentang kebugaran jasmani
penjelasan lengkap tentang kebugaran jasmani

Web portal pendidikan – Apa yang kalian ketahui tentang kebugaran jasmani ? Apakah kegiatan senam yang dimaksud kebugaran jasmani ? Nah, untuk lebih lengkapnya dapat kita simak dalam ulasan tentang penjelasan lengkap kebugaran jasmani.

Kebugaran Jasmani ?

Kebugaran jasmani ialah kesanggupan dan kemampuan tubuh dalam melakukan penyesuaian terhadap beban fisik yang di berikan tanpa menimbulkan efek kelelahan yang berlebihan.

Kebugaran jasmani merupakan modal utama ketika melakukan aktivitas agar bisa maksimal. Ada beberapa unsur atau komponen kebugaran jasmani yang perlu diperhatikan yaitu kekuatan daya tahan otot jantung dan paru paru, kecepatan, kelincahan, kelentukan serta daya ledak. Unsur unsur tersebut perlu dilatih melalui latihan yang terprogram.

“Artikel ini sebagai ajang pembelajaran bagi kita untuk lebih mengetahui tentang kebugaran jasmani.

A. Kesegaran dan Kebugaran Jasmani

Menurut ahli dari Amerika (Cooper) mengatakan bahwa seseorang yang hidup sehari harinya lebih aktif akan memiliki tingkat kebugaran jasmani yang lebih baik bila dibandingkan dengan mereka yang hidupnya sehari hari kurang aktif.

Sehingga gerak merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam menjaga agar tubuh seorang selalu dalam keadaan fit (segar). Kesegaran jasmani juga membuat seseorang mampu berpikir secara jernih.

Komponen Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani yang menyeluruh terdiri dari beberapa komponen yang oleh ahli dikelompokkan sebagai berikut.

  1. Daya tahan/Endurance
  2. Kekuatan otot/Muscle strength
  3. Tenaga ledak otot/Muscle explosive power
  4. Kecepatan/Speed
  5. Ketangkasan/Agility
  6. Kelenturan/Flexibility
  7. Kecepatan reaksi/Reaction
  8. Koordinasi/Coordination

Bila kita ingin membina kebugaran jasmani secara menyeluruh, maka komponen komponen tersebut harus dilatih, artinya diberi beban dalam jangka waktu tertentu secara berulang, teratur dan berkesinambungan.

Dibalik segala macam bentuk olahraga kebugaran jasmani tersebut, tahukah kalian apa saja manfaat dari olahraga ini ? Berikut akan kami paparkan 15 manfaat dari kebugaran jasmani, yaitu :

Baca : Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

  • Membuat anak anak selalu aktif
  • Membuat awet muda
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan citra diri dan rasa percaya diri
  • Melindungi dari Osteoporosis
  • Menurunkan resiko kanker tertentu
  • Menurunkan gejala depresi ringan dan kegelisahan
  • Mengurangi LDL dan menaikkan HDL
  • Memberi banyak energi
  • Menambah kepintaran
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Meningkatkan kualitas kehidupan seksual
  • Mencegah dan mengatur penyakit diabetes
  • Mencegah penyakit jantung
  • Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas

B. Kelentukan, Keseimbangan dan Kekuatan

1. Latihan Kelentukan

Metode yang digunakan untuk meningkatkan kelentukan adalah latihan peregangan otot dan latihan memperluas ruang gerak sendi sendi. Peningkatan kelentukan dapat dilakukan dengan latihan peregangan statis dan dinamis.

Latihan peregangan statis adalah teknik peregangan yang dilakukan dengan meregangkan otot secara pelan pelan, kemudian pada titik tertentu regangan ditahan dalam waktu tertentu, dan dipertahankan selama 8 sampai 10 hitungan.

Latihan peregangan dinamis merupakan peregangan yang dilakukan dengan menggerakkan badan (tubuh) atau anggota tubuh secara menyelaras dan berirama dengan seluas luasnya untuk meregangkan otot dan sendi.

2. Latihan Keseimbangan

Keseimbangan yang dimiliki seseorang dapat ditingkatkan melalui latihan. Latihan keseimbangan memiliki ciri ciri tertentu, misalnya gerakan gerakannya dilakukan dengan mempersulit faktor faktor penentu keseimbangan, yaitu dengan tumpuan yang tinggi, tumpuan kecil, memejamkan mata, membuat putaran badan, dan tumpuan labil.

Bentuk bentuk latihan keseimbangan dapat dirincikan sebagai berikut.

a. Latihan keseimbangan berdiri dengan satu kaki

latihan keseimbangan berdiri satu kaki
latihan keseimbangan berdiri satu kaki

Cara melakukannya adalah berdiri tegak, kedua kaki rapat, kedua tangan dipinggang. Gerakkan salah satu kaki ke atas, lutut ditekuk, telapak kaki menempel dibawah lutut. Kemudian angkan tumit ke atas. Pandangan ke arah depan.

b. Latihan keseimbangan dengan membentuk kapal terbang

Latihan keseimbangan dengan membentuk kapal terbang
Latihan keseimbangan dengan membentuk kapal terbang

Caranya adalah berdiri tegak, kedua kaki rapat, kedua tangan disamping badan. Rentangkan kedua tangannya ke samping, badan dibungkukkan ke depan, hingga badan dan kaki segaris rata rata air. Setelah pada posisi keseimbangan yang baik, kemudian angkat tumit ke atas.

3. Latihan Kekuatan

Kekuatan juga menjadi faktor penunjang untuk menguatkan otot otot. Dalam latihan kekuatan otot meliputi hal hal sebagai berikut, yakni adalah.

a. Kekuatan otot lengan, bahu dan dada

Latihan otot lengan, bahu dan dada dilakukan dengan push up, yaitu telungkup, kedua tangan menumpu dilantai / di matras serta kedua kaki ke belakang menempel pada lantai, kemudian dilakukan gerakan turun – naik sebanyak 10 – 15 kali.

b. Kekuatan otot perut

Latihan otot perut dapat dilakukan dengan sit up dasar, yaitu posisi tidur telentang, dengan kedua tangan di belakang kepala dan kaki dalam posisi lutut ditekuk. Lakukan gerakan tidur – bangun sebanyak 10 – 15 kali.

Setelah membaca artikel diatas, apakah kalian masih berpikir bahwa latihan kebugaran jasmani ini tidak terlalu penting ? Cobalah setidaknya dalam sehari pergunakan waktumu sekitar 15 – 30 menit untuk latihan kebugaran jasmani, bisa dilakukan di pagi hari sebelum berangkat aktivitas kerja, sekolah, ataupun kuliah.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.