Penjelasan lengkap tentang pencak silat
Penjelasan lengkap tentang pencak silat

Web portal pendidikan – Selamat pagi, di hari yang cerah ini saya ingin posting suatu hal yang berkaitan dengan olahraga. Kali ini saya akan buat suatu tema pencak silat. Teman teman disini apakah ada yang suka olahraga pencak silat ? Kalo iya, berarti sesuai dengan apa yang ingin saya jelaskan.

Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga beladiri. Di dalam pencak silat terkandung beberapa unsur antara lain seni tari, olahraga, seni bela diri, serta watak yang berkepribadian luhur.

Hal ini dapat dilihat dalam suatu pertandingan pencak silat, setiap gerakan dilakukan dengan indah tetap penuh kekuatan. Beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pesilat meliputi pukulan, tangkisan, tendangan, dan jatuhan hingga ke teknik kuncian.

Dalam melakukan teknik itu tidak sembarangan, perlu menguasai teorinya terlebih dahulu sebelum melakukan teknik teknik dalam pencak silat. Misalnya teknik tangkisan. Didalam teknik tangkisan yang perlu diperhatikan adalah posisi tubuh saat akan menangkis serangan lawan.

Pengertian Olahraga Pencak Silat

Pencak silat merupakan seni beladiri asli dari Indonesia. Pencak silat adalah cabang olahraga yang berupa hasil budaya manusia Indonesia untuk membela atau mempertahankan eksistensi (kemandirian) dan integritas terhadap lingkungan hidup atau alam disekitarnya. Untuk mencapai keselarasan hidup, meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Pencak Silat Sebagai Ilmu Bela Diri

Pencak silat disebut sebagai olahraga ilmu bela diri karena gerakan gerakannya dapat digunakan untuk pembentukan dan pembinaan hidup sehat, kesegaran jasmani, serta untuk peningkatan prestasi.

Pencak silat juga dapat membentuk sikap dan kepribadian, kemampuan berinisiatif serta kemampuan dalam pengembalian keputusan yang tepat dalam waktu yang relatif sesingkat singkatnya.

Aliran Aliran Dalam Pencak Silat

Aliran aliran dalam pencak silat adalah aliran yang dianut oleh salah satu perkumpulan pencak silat. Pada umumnya, aliran yang dianut tersebut disesuaikan dengan tempat di mana pencak silat tersebut berkembang.

Berikut ini beberapa aliran pencak silat yang bertahan sampai sekarang. yaitu sebagai berikut.

  • Bhakti Negara di Bali
  • Cimande di Cianjur, Jawa Barat
  • Cikalong di Cianjur, Jawa Barat
  • Perisai Diri di Jawa Tengah
  • Merpati Putih di Jawa Tengah
  • Setia Hati di Jawa Timur

Gerakan Dalam Pencak Silat

Pembentukan sikap merupakan salah satu dasar guna pembentukan gerak. Pembentukan sikap dan gerak perlu ditanamkan sehingga dapat melaksanakan olahraga pencak silat dengan pengenalan tekhnik yang tinggi.

1. Gerak Pembelaan

Gerak pembelaan adalah suatu gerak untuk membela diri terhadap bahaya dari luar atau serangan dari lawan.

A. tangkapan, adalah suatu bentuk, sikap dan cara dengan aktif untuk melumpuhkan serta mematahkan serangan lawan. Ada 2 faktor tangkapan, tangkapan secara umum dan khusus.

Tangkapan secara umum, alat tangkapnya adalah anggota badan kita khususnya tangan. Dalam pertarungan pencak silat akan terjadi serang menyerang silih berganti. Pada saat salah seorang pesilat mendapat serangan pukulan dari lawan, secara spontan pukulan tersebut akan mendapat pembelaan.

Tangkapan secara khusus, alat tangkapnya adalah otak, hati, dan jiwa kita. Hal ini penting bagi atlit pencak silat, karena otak adalah sebagai alat pikir dan akal, hati sebagai alat rasa dan pertimbangan, jiwa adalah sebagai kekuatan pada tubuh.

B. Jatuhan, adalah suatu bentuk, cara dan usaha dengan aktif untuk menjatuhkan atau membuat jatuh lawan/musuh, antara lain

  • Dorongan, cara dan teknik menjatuhkan pada waktu mendapat serangan lawan
  • Tarikan, cara dan teknik menjatuhkan pada dasarnya sama dengan dorongan

2. Kuncian

Kuncian adalah suatu bentuk dan cara untuk menguasai serangan dari lawan atau musuh yang didahului dengan tangkapan yang akurat sehingga penyerang tidak dapat berkutik lagi.

A. Pada waktu mendapat serangan pukulan atau tendangan dari lawan, dengna cepat upayakan untuk menangkap pukulan atau tendangan tersebut.

B. Memilin atau dipuntir tangan atau kaki yang ditangkap, dalam hal ini dapat ditahan untuk sementara waktu atau dapat pula langsung dipatahkan. Jadi tangan yang di pilin atau dipuntir itu sungguh sangat sakit dan terasa lemas sehingga tidak dapat berbuat apa apa lagi.

3. Lepasan

Lepasan adalah suatu bentuk dan cara untuk melepaskan diri dari berbagai penguasaan lawan. dapat dirincikan sebagai berikut.

A. Pada waktu tangan kanan dikunci oleh lawan. Jika tangan dipilin atau dipuntir ke arah dalam, maka secepat kilat badan diputar ke arah kiri dan tangan kanan ditarik sekuat kuatnya. Dengan demikian kuncian tersebut akan terlepas.

B. Pada waktu kaki kanan di kunci lawan. Jika tangan dipilin atau dipuntir ke arah dalam, maka secepatnya badan diputar ke arah ke kiri rendah dan kaki kanan ataupun kiri ditarik sekuat kuatnya. Dengan demikian kuncian tersebut pun akan terlepas.

Itulah penjelasan lengkap dari pencak silat, jika ada pertanyaan kritik dan saran silahkan kalian komentar pada kolom dibawah ini, atau bisa tanya kami langsung di halaman tanya jawab

BAGIKAN
Berita sebelumyaKetika Guru Tak Lagi Dihormati
Berita berikutnyaPentingnya Berhijab Bagi Wanita
Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

LEAVE A REPLY