Web portal pendidikan – Selamat malam sobat belapendidikan, kali ini saya akan memberikan ulasan edukasi tentang pentingnya pendidikan di era teknologi. Berikut ulasannya dapat kami sebutkan dibawah ini.

Pentingnya Pendidikan Di Era Teknologi

Pentingnya pendidikan di era teknologi
Pentingnya pendidikan di era teknologi

A. Pengertian Pendidikan

Pendidikan dilihat dari pandangan antropologi, melihat pendidikan dari aspek budaya antara lain pemindahan pengetahuan dan nilai nilai kepada generasi berikutnya.

Pendekatan sistem perlu dipergunakan dalam menjelaskan pendidikan, karena pada era global sekarang ini dunia pendidikan telah berkembang sedemikian rupa sehingga menjadi hal ikhwal .

Proses pendidikan merupakan upaya yang mempunyai dua arah yaitu:

  1. Bersifat menjaga kelangsungan hidupnya (maintenance synergy)
  2. Menghasilkan sesuatu (Effective Synergy)

Roggers, Burdge, Korsching dan Donner Meyer menyatakan bahwa pendidikan sebagai proses transmisi budaya mengacu kepada setiap bentuk pembelajaran budaya (cultural learning) yang berfungsi sebagai transmisi pengtahuan, mobilitas sosial, pembentukan jati diri, dan kreasi pengetahuan.

B. Pengertian Era Teknologi

Secara etimologi, menurut KBBI era diartikan sejumlah tahun dalam jangka waktu antara beberapa peristiwa penting dalam sejarah atau masa. Sedangkan menurut kamus ilmiah popular, era berarti zaman, masa atau kurun waktu.

Menurut Brown (1980; 2) mengungkapkan teknologi adalah penerapan pengetahuan oleh manusia untuk mengerjakan suatu tugas yang dikehendakinya. Dengan demikian teknologi dapat dikatakan sebagai penerapan praktis pengetahuan untuk mengerjakan sesuatu yang kita inginkan.

Sedangkan menurut Mardikanto (1993), teknologi adalah suatu perilaku produk, informasi dan praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima dan digunakan atau diterapkan oleh sebagian masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya perubahan individu dan atau seluruh warga masyarakat yang bersangkutan.

Jadi dapat disimpulkan era teknologi adalah masa dimana produk selalu didaur di cipta untuk memnuhi kebutuhan hidup manusia. Keharusan ini dimungkinkan karena manusia pada dasrnya adalah makhluk kreatif sebagai sunnatullah atas rasa, cipta dan karsa yang diberikan Maha Pencipta kepadanya.

Bagaimana Pendidikan Di Era Teknologi


Perkembangan teknologi dan komunikasi dalam bidang pendidikan, menurut Rosenberg dengan berkembangnya ini ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu;

  1. Dari pelatihan ke penampilan.
  2. Dari uang kelas ke tempat dimana dan kapan saja.
  3. Dari kertas ke online atau saluran.
  4. Fasilitas fisik ke jaringan kerja.
  5. Dari waktu siklus ke waktu nyata.

Mengenai asumsi diatas bahawa pergeseran proses pembelajaran yang mengalami perubahan dari kertas ke online unntuk saat ini telah dapat dirasakan maupun dilihat keberadaannya. Ketika sebuah instansi pendidikan menerapkan sistem komputerisasi.

Banyak hal serta manfaat dari keberadaannya itu. Semisal ketika segala kegiatan yang berbasis pendidikan dapat diakses secara mudah lewat sebuah jaringan komputer atau jaringan internet yang tentunya hal tersebut diakrenakan adanya satelit yang dioperasikan.

Maka siswa, mahasiswa, dosen, guru ataupun seluruh warga dalam lingkup pendidikan tersebut mampu memperoleh segala informasi yang didapatkan. Istilah lain yang popular saat ini ialah e-learning yaitu sebuah model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi (internet).

Menurut Rosenberg, e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas dengan landasan berdasarkan tiga kriteria diantaranya:

  1. E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi, dan membagi materi atau informasi.
  2. Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar.
  3. Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran dibalik paradigm pembelajaran tradisional.

Istilah lain yang lebih popular dari perkembangan teknologi komunikasi ini yaitu sistem virtual. Dalam hal ini, kegiatan yang menyangkut komunitas virtual dapat dianggap sebuah hal yang lebih banyak digunakan dalam lingkungan akademis.

Ini tentu dapat mempermudah tingkat keefektifan dari sebuah sistem pembelajaran, dimana siswa atau mahasiswa dapat mengakses materi-materi pendidikan secara lebih detail tanpa lewat interaksi secara langsung.

Pengaruh Teknologi Dalam Pendidikan


Arus berkembangnya teknologi begitu derasnya sehingga menuntut kita untuk lebih aktif di dalam mengikuti perkembangan informasi tersebut, dengan adanay internet merupakan salah satu bentuk teknologi yang seharusnya dapat memotivasi sekaligus memberikan inspirasi untuk menghasilkan kreasi serta informasi yang bermanfaat.

Pengaruh positif teknologi dalam bidang pendidikan:

  1. Sangat membantu proses pembelajaran itu sendiri, lebih cepat dan mudah diakses.
  2. Berfungsinya virtual kelas yang dimana sangat memudahkan para pelajar untuk saling berkomunikasi dengan sang pengajar dengan sistem tanpa bertatap (face to face).
  3. Memudahkan sistem usaha serta kegiatan administrasi pada sebuah lembaga pendidikan karena penerapannya.

Adapun pengaruh negatif  teknologi terhadap pendidikan antara lain:

  1. Terdapatnya berbagai macam situs –situs yang tidak mendidik, dan membuat pengguna menjadi rusak atau terpengaruh akal pikirannya, seperti situs porno, perjudian dan lain sebagainya.
  2. Membuat penggunanya menjadi malas dalam satu sisi yang lain akibat kecanggihan teknologi ini. Sehingga membuat pengguna malas dalam aktifitas membantu orang tua.

Tindak criminal seperti cybercrime yang dimana kejahatan ini dilakukan seseorang dengan perantara teknologi internet. Sehingga mencetak generasi yang berpengetahuan tetapi mempunyai moral yang rendah.

Manfaat Dan Dampak Era Teknologi Terhadap Siswa


Kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan kontribusi yang baik terhadap pendidikan. Hal ini dapat dirasakan oleh guru dan siswa dalam mengakses pembelajaran.

Dengan adanya media elektronik yang menyajikan materi pembelajaran maka guru bukan lagi satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. Teknologi semacam ini memang seharusnya disanjungkan.

Baca juga :

  1. Strategi pendidikan karakter di era teknologi
  2. Pentingnya pendidikan dalam kehidupan sehari hari
  3. Struktur sosial penyebab konflik sosial dan mobilitas sosial
  4. Upgrade kualitas pendidikan dengan belajar dirumah saja

Namun perlu disadari bahwa tidak semua pengaruhnya memberikan manfaat yang baik bagi pendidikan. Sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Jujun S. Surisumantri (1978: 35-36) bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi memang telah berjasa mengubah wajah dunia dalam berbagai bidang serta berhasil memajukan kesejahteraan manusia.

Namun kita juga menyaksikan bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi digunakan untuk mengancam martabat dan kebudayaan manusia. Salah satu dampak buruk yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan adalah bergesernya buku teks sebagai sumber ilmu pengetahuan oleh media elektronik.

Hal itu tentunya berpengaruh terhadap pemahaman dan wawasan siswa yang dalam dan dangkal. Selain itu media elektronik sangat berpotensi memberikan ruang bagi seseorang memanfaatkan pengetahuan untuk melakukan tindakan kriminal.

Solusi Terhadap Pencegahan Polemik Pendidikan Era Teknologi


Untuk dapat mencegah rangkaian polemik dalam pendidikan era teknologi yang dilatarbelakangi media elektronik, ini adalah tanggung jawab bersama semua kalangan termasuk masyarakat dan lebih lagi kalangan pendidikan.

Pendidikan harus tetap pada nalar yang logis melalui pembatasan penggunaan media elektronik dalam keberlangsungan aktivitas pendidikan. Ada banyak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dinikmati oleh bangsa Indonesia.

Tetapi sebaliknya kemajuan itu beriringan dengan kesengsaraan yang terjadi di masyarakat Indonesia (Moh. Sukardjo dan Ukim Komarudin, 2007: 68). Hemat penulis bahwa hanya dengan mengikutsertakan aspek moralitas dalam menangkal dan mengantisipasi gejala buruk yang timbul dari era teknologi terhadap pendidikan dapat tercapai.

Artinya di era ini para pengguna teknologi khususnya kalangan pelajar dapat mengaplikasikan aspek moralitas tersebut dalam kehidupan, sehingga dapat memilah antara yang baik dan buruk dan tentu saja pendidikan akan selalu berada dalam sisi baiknya.

Kesimpulan :

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan dewasa ini berlangsung sangat pesat. Pengaruhnya meluas dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan.

Perkembangan teknologi itu kemudian berimbas pada dunia pendidikan yang dapat mempermudah dalam bidang tersebut. Misalnya E-learning , yang merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas  dengan landasan berdasarkan tiga kriteria diantaranya:

  1. E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi, dan membagi materi atau informasi.
  2. Pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi internet yang standar.
  3. Memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran dibalik paradigm pembelajaran tradisional.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak positif dengan dengan semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dank e seluruh dunia.

Dampak negative dari teknologi yaitu terjadinya perubahan nilai, norma yang berlaku dalam masyarakat. Menyikapi keadaan ini,  maka pentingnya pendidikan sangat berperan untuk mengembangkan dampak positif dan memperbaiki dampak negatifnya.

Artikel ditulis oleh : Riky Supratama
Dikirim melalui email dengan nama : ky supratama
Judul artikel : Pentingnya pendidikan di era teknologi

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami redaksi@belapendidikan.com

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com