Pentingnya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi

oleh -2.627 views
pentingnya pendidikan pancasila di perguruan tinggi
pentingnya pendidikan pancasila di perguruan tinggi

Web portal pendidikan – Selamat malam sobat belapendidikan, kali ini kita kedatangan lagi opini tentang pentingnya pendidikan pancasila di perguruan tinggi. Untuk lebih jelasnya dapat kita simak dalam ulasan berikut ini.

Pentingnya Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi

Kehidupan kampus merupakan suatu awal pembentukan karakter seorang mahasiswa. Setiap kampus di Indonesia mengupayakan kepada mahasiswa nya untuk selalu berpegang teguh pada norma dan hukum yang berlaku.

Hal ini bertujuan untuk mencetak generasi muda yang berakhlak dan berjiwa kritis dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu kampus besar di Indonesia yang mengupayakan terbentuknya mahasiswa yang berakhlak dan bermoral adalah Universitas Airlangga. Dengan motto “Excellent With Morallity” diharapkan suatu tujuan itu bisa terlaksana dengan tepat sasaran.

Untuk menyukseskan terbentuknya suatu moral yang baik, berbagai Universitas di Indonesia menerapkan kebijakan mata kuliah wajib “Pendidikan Pancasila” bagi mahasiswanya.

Pendidikan Pancasila sangat berperan penting dalam membangun jiwa nasionalis dan bermoral karena butir-butir Pancasila mengandung makna mendalam dan menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lewat kegiatan pendidikan diharapkan peserta didik menyerap nila-nilai moral Pancasila. Penyerapan nilai-nilai moral Pancasila diarahkan berjalan secara manusiawi dan alamiah tidak saja lewat pengalaman secara pribadi. Nilai-nilai moral Pancasila tidak untuk sekadar dipahami melainkan untuk dihayati, oleh karena itu penyerapan nilai-nilai moral Pancasila bukan lewat proses indoktrinasi.

Sasaran pelaksanaan Pancasila adalah perorangan, keluarga dan masyarakat, baik di lingkunga tempat tinggal masing-masing maupun di lingkungan perkuliahan. Sehingga harapannya mahasiswa dapat menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam bermasyarakat.

Pendidikan Pancasila merupakan salah satu mata pelajaran pendukung pengembangan karakter manusia. Pendidikan Pancasila di tingkat perguruan tinggi sangat penting artinya, karena merupakan proses lanjutan pembentukan karakter bagi manusia di mana akan berlangsung samapai manusia itu menemui ajalnya.

Bagi sebagian mahasiswa tidak akan mengalami kesulitan dalam bergaul dengan mahasiswa lain bahkan dalam lingkup masyarakat, demikina pun masyarakat tidak akan mengalami kesulitan dalam menerima mahasiswa tersebut, jika di dalam diri seorang mahasiswa sudah tertanam nilai-nilai luhur pancasila yang merupakan penjelmaan dari karakter bangsa Indonesia.

Sebaliknya, tidak dapat diperkirakan apa yang akan terjadi ketika sebagian mahasiswa bergabung dengan masyarakat yang di dalam dirinya tidak dibekali ajaran-ajaran moral pancasila.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.