Peran Bahasa Indonesia Dalam Mengembangkan Budaya

oleh
Peran Bahasa Indonesia Dalam Mengembangkan Budaya
Peran Bahasa Indonesia Dalam Mengembangkan Budaya

Peran Bahasa Indonesia Dalam Mengembangkan Budaya – bahasa merupakan identitas diri kita sebagai anak bangsa. bahasa merupakan identitas dari negara kita sebagai bahasa pemersatu, dan juga bahasa nasional. dengan bahasa kita membangun karakter, dengan bahasa kita bersatu.

Peran Bahasa Indonesia Dalam Mengembangkan Budaya

Bahasa merupakan alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa symbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bahasa memiliki fungsi yang sangat penting dalam perkembangan kebudayaan setiap bangsa, di mana dengan bahasa orang bisa menyatakan ekspresi diri, sebagai alat komunikasi, sebagai alat mengadakan integrasi dan adaptasi sosial, sebagai alat untuk mengadakan control sosial.

Dengan bahasa kita dapat mengenalkan siapa diri kita, bagaimana diri kita, dengan bahasa kita dapat bersosialisasi antar suku budaya yang berbeda-beda.

Kebudayaan adalah hal-hal yang bersangkutan dengan akal. Kebudayaan itu sendiri berasal dari bahasa sansakerta buddayah, yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti budi dan akal.

Baca : 10 Salah Kaprah Dalam Menggunakan Bahasa Indonesia

Kebudayaan adalah hasil cipta karsa dan rasa. Menurut ilmu antropologi kebudayaan adalah keseluruhan system gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia melalui belajar.

Bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam perkembangan setiap budaya di Indonesia. Di mana Indonesia memiliki ragam budaya, ras dan adat istiadat yang beragam.

Tanpa bahasa Indonesia maka kita tidak dapat saling mengerti, dan saling memahami antar satu suku dengan suku yang lain. Bahasa Indonesia sudah ditetapkan sebagai bahasa pemersatu bangsa, di mana hal tersebut telah di nyatakan dalam sumpah pemuda.

Sumpah pemuda

kami putra putri Indonesia mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia kami putra putri Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan kami putra putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia,

Dengan bahasa Indonesia kita bersatu, dengan bahasa Indonesia kita saling mengerti antar sesama, dengan bahasa Indonesia kita saling mengenalkan suku-suku yang beragam ini. Indonesia pula di satukan dalam satu ikatan bhinneka tunggal ika, yaitu berbeda-beda tapi satu.

Apa yang bisa menyatuhkan kita ? Jawabannya adalah bahasalah yang dapat menyatuhkan kita. Jelas bahwa peran bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa pemersatu bangsa. Dari itu untuk mengembangkan kebudayaan yang luas ini, bahasa indonesia memiliki peran yang sangat penting.

Hal ini dapat dilihat dalam karya – karya, atau tulisan-tulisan bersejarah yang telah mendunia. Tanpa adanya tulisan-tulisan dalam buku sejarah yang menggunakan bahasa Indonesia, budaya tidak akan dikenal oleh para penerus atau genarasi mudah yang akan melanjutkan untk mengembangkan kebudayaan bangsa Indonesia ini.

Dewasa ini, kebudayaan yang kita miliki, semakin terkikis dengan masuknya, kebudayaan baru yang dibawa oleh para wisatawan asing. Dari berpakaian, gaya hidup, hingga pada pemakaian bahasa.

Baca : Rahasia Cepat Belajar Bahasa Inggris

Hal-hal semacam ini seharusnya kita jaga, karena kekayaan yang kita miliki, berupa budaya, ras dan bahasa adalah sebuah harta yang harus di jaga keunikannya, nilainya, dan juga keistimewaannya.

Khususnya bahasa kita, yaitu bahasa Indonesia. Datangnya bahasa asing ke Negara kita atau biasa di sebut bahasa gaul, membuat para pemuda, lebih cendrung menggunakan bahasa gaul yang dikolaborasikan dengan bahasa gaul.

Dan hal tersebut sering di gunakan dalam acara acara formal. Sebagai warga Negara Indonesia, patut kita banggakan bahwa bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa Negara dan juga telah di tetapkan menjadi bahasa internasional.

Hal ini dapat dibuktikan dari beberapa Negara yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib. bahasa Indonesia pun kini menjadi bahasa resmi asean, bahasa resmi kedua di Vietnam, urutan ketiga digunakan dalam wordpress.

Bagaimana ulasan yang sudah kami sajikan diatas ? Apakah menurutmu peran bahasa juga penting dalam mengembangkan budaya ? Berikan jawabanmu dibawah ini dengan begitu kami akan tahu tanggapanmu dari artikel yang kami sajikan ini.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.