Peran Pemuda Menolak Hoaks Sebagai Pusat Penyebaran Informasi

oleh
Peran pemuda menolak hoaks sebagai pusat penyebaran informasi - DIana
Peran pemuda menolak hoaks sebagai pusat penyebaran informasi - DIana

Web portal pendidikan – Hasil kiriman esai hari ini dengan judul peran pemuda menolak hoaks sebagai pusat penyebaran informasi, disampaikan dan dikirimkan langsung melalui email lombaesai@belapendidikan.com

Peran Pemuda Menolak Hoaks Sebagai Pusat Penyebaran Informasi

Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa, antara lain faktor budaya, ekonomi, sosial, lingkungan, politik, teknologi dan lain sebagainya.

Perkembangan bahasa dengan teknologi sangat berkaitan erat. Sadar atau tidak, nyatanya kedua hal itu memiliki pengaruh dan saling berkaitan dalam perkembangannya. Tidak dapat dipungkiri kemajuan teknologi memaksa diri untuk terus beradaptasi ketika hidup di zaman serba canggih. Kaki harus berlari mengikuti arus, jika kita tidak ingin tergerus oleh perubahan.

Dalam segala hal, tak terkecuali perihal informasi. Informasi melesat hebat, bisa didapat dalam sekejap, semuanya seolah berada di dalam genggaman. Perkembangan ini mendorong manusia menjadi haus terhadap informasi.

Tidak terhitung jumlah informasi yang terus-menerus dikonsumsi entah baik atau buruk, benar atau salah, informasi akan terus masuk, sehingga mampu menobrak setiap celah kehidupan. Jumlah situs dan akun media sosial penyebar kebencian dan berita bohong bertambah.

Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menemukan jumlah situs dan akun media sosial penebar kebencian dan berita bohong bertambah. Peningkatan situs bohong terjadi sejak Oktober sampai pertengahan Desember 2016.

Selain berita bohong, ditemukan juga peningkatan jumlah konten bermuatan SARA, provokasi, ujaran kebencian. Tidak hanya melalui situs web, penyebaaran terjadi lewat 350 lebih akun media sosial. Berita bohong menjadi perhatian utama pemerintah belakangan mengingat dampak negatif yang ditimbulkan tidak kecil.

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Pemuda Dalam Menyebarkan Informasi

Ada tiga hal peran yang harus dilakukan pemuda sebelum menyebarkan informasi yakni:

  1. Mengetahui kebenarannya sebagai bentuk originalinalitas dari berita yang akan disampaikan;
  2. Mengetahui kebaikan dari informasi yang akan disebarkan;
  3. Mengutamakan manfaat dari berita/informasi yang akan disebarkan kepada khalayak ramai masyarakat.

Berdasarkan paparan diatas, dapat kita artikan bahwa pemuda harus bijak dan cerdas terhadap perkembangan teknologi sebagai pusat informasi.

Ada beberapa peran yang harus dilakukan pemuda saat menerima dan membagi suatu informasi kepada orang lain, yaitu:

1. Sadar bahwa kebenaran itu penting

Kebenaran adalah modal segala hal, jika kebenaran selalu dipegang maka semua perjalanan akan terasa lapang meski dihimpit kesempitan. Artinya sebagai pemuda generasi millenial seharusnya sebelum membagi sesuatu, ada baiknya intropeksi diri membuat suatu pertanyaan perihal kebenaran.

Apakah informasi yang disebarkan adalah sesuatu yang benar? Benarkah terjadi? Benar ada? dan benarkah bukan rekayasa? Darimanakah sumbernya? Jelas atau tidak beritanya? Sehingga jika diri berfondasi pada kebenaran , maka kita akan tahu apa yang seharusnya dilakukan.

2. Melakukan kontrol kebaikan

Kebaikan itu layaknya mutiara dan intan permata, ia mampu memberikan kebahagiaan dengan kilauan dari nilainya yang berharga. Artinya, sebelum membagi apapun sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada diri masing-masing apakah informasi yang disebarkan ini mengandung kebaikan? ataukah isinya mengandung tentang keburukan orang lain?

Apakah isinya mengandung kebencian, hasutan, atau hinaan? Jika yang didapati jawabannya hanyalah tentang keburukan, maka sebaiknya sebagai pemuda yang cerdas mesti tahu apa yang harus dilakukan.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *