Peran Pemuda Menyikapi Informasi Hoaks Dalam Media Massa dan Masyarakat

oleh
Rahmi - Peran pemuda menyikapi informasi hoaks dalam media massa dan masyarakat
Rahmi - Peran pemuda menyikapi informasi hoaks dalam media massa dan masyarakat

Web portal pendidikan – Hasil kiriman esai hari ini dengan judul peran pemuda menyikapi informasi hoaks dalam media massa dan masyarakat , disampaikan dan dikirimkan langsung melalui email lombaesai@belapendidikan.com

Peran Pemuda Menyikapi Informasi Hoaks di Media Massa dan Lingkungan Masyarakat

Informasi hoaks merupakan informasi yang belum jelas kebenarannya atau opini karena seiring berjalannya waktu perkembangan tekhnologi sangat pesat dan para pengguna tekhnologi pun sangat mudah untuk mengakses dan menerima sebuah berita terbaru dan banyak orang-orang yang yang menyebarluaskan sebuah informasi tanpa mencari sebuah kebenaran dari informasi tersebut.

Informasi hoaks sangatlah mudah tersebar baik dalam media massa maupun masyarakat karena penyebarannya dapat di lakukan oleh siapa pun, dimana pun, dan kapan pun sehingga sehingga mudah terjadi sebuah perselisihan antara satu pihak dengan pihak yang lainnya seperti berita-berita hoaks.

Dengan adanya tekhologi yang canggih untuk mendapatkan sebuah informasi sangatlah mudah oleh sebab itu kita sebagai pemuda / mahasiswa yang di bekali sebuah kecerdasan intelektual serta kedewasaan dalam berfikir sudah semestinya kita berperan menempatkan diri dalam sebuah permasalahan yang ada dalam masyarakat untuk menjadi filterisasi sebuah informasi hoaks hal ini dapat dilakukan dalam sebuah sosialisasi gerakan anti hoaks kepada masyarakat bukan terjerumus dalam penyebaran berita hoaks tersebut.

Dalam menerima sebuah informasi sebaiknya tidak langsung percaya dengan informasi yang di terima tetapi mencari lebih mendalam lagi tentang informasi yang di dapatkan seperti mengecek sumber informasi tersebut.

Tetapi terdapat juga masyarakat yang tidak mau mencari kebenaran dari informasi tersebut melainkan langsung percaya dengan informasi yang di terimanya oleh sebab itu pemuda-pemudi serta mahasiswa harus memberikan sebuah pemahaman dengan mensosialisasikan seperti gerakan anti hoaks.

Salah satu contoh informasi hoaks yang ada di Sinjai setelah terjadinya sebuah gempa dengan kekuatan 3,1 SR yang tidak berpotensi tsunami tetapi banyak masyarakat yang langsung menerima informasi hoaks bahwa setelah terjadi gempa akan terjadi sebuah tsunami hal ini pun adanya rasa kekhawatiran, trauma masyarakat yang melihat, menyaksikan tayangan- tayangan yang ada di tv kejadian gempa dan tsunami yang ada di palu yang kejadiannya hanya beberapa hari dan terjadi pula gempa di daerah sinjai sehingga masyarakat pun tanpa mencari kebenaran dan mencari sumber informasi tersebut melainkan langsung mengambil tindakan untuk mengungsi ke rumah kerabatnya yang tinggal di daerah pegunungan

Tanpa berfikir kejelasan berita tersebut serta harta benda yang di tinggalkan sehingga orang-orang yang yang membuat berita-berita hoaks itu di jadikan sebuah kesempatan untuk melakukan sebuah kejahatan seperti pencurian karena mereka beranggapan bahwa akan banyak rumah kosong dan memiliki kebebasan untuk mengambil barang-barang berharga dari si pemilik rumah tersebut.

Oleh sebab itu kita sebagai pemuda, masyarakat harus pandai menyikapi dan belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya karena penyebaran berita hoaks dalam masyarakat merupakan sebuah ajang untuk melakukan sebuah kejahatan.

Untuk mengurangi penyebaran informasi-informasi hoaks pun dapat dilakukakan dengan mengkaji lebih jauh lagi tentang penulis beritanya karena banyak penulis-penukis berita yang mreka buat agar menjadi viral di media sosial,serta menggunakan akal sehat kita sebagai para pembaca berita tersebut dan jangan ada keraguan untuk mengecek kembali sumber atau penulis dari berita tersebut.

Kesimpulannya

Untuk menyebarkan sebuah sebuah informasi harusnya cek kembali kebenarannya, sumbernya seperti dari institusi resmi seperti dari kepolisian, memeriksa fakta dan opininya, serta penyebar berita pun mampu mempertanggung jawabkan berita yang akan di sebarkan baik lewat media massa ataupun langsung pada masyarakat. Oleh sebab itu peran pemuda dalam menyikapi, memfilter informasi yang diterima sangat berperan penting dalam hal tersebut.

Esai ini ditulis oleh Rahmi, kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *