Pernahkah Anda Berpikir Bahwa Mastah Pernah Newbie ?

241
mastah pernah newbie
mastah pernah newbie

Jurnaliscun.com – Siang siang gini enaknya buat postingan yang berbobot, misalnya seperti berbagi tutorial, berbagi tips atau berbagi ilmu pengalaman layaknya seperti mastah. Sesuai judul diatas Pernahkah Anda Berpikir Bahwa Mastah Pernah Newbie. Judul yang saya buat ini merupakan sebuah pengalaman saja yang ingin saya sampaikan kepada kalian para pengunjung blog jurnaliscun.com


Mastah Pernah Newbie ? Kata kata seperti itulah yang banyak dipertanyakan kalangan netizen, blogger maupun pemula atau newbie yang baru memulai ngeblog, ngeweb dan sebagainya. Tentu saja mastah pasti pernah menjadi newbie juga. Karena ibaratnya kita dilahirkan, kita yang dahulu ( masih berusia anak anak ) belum bisa berbuat apa apa, misalnya seperti bekerja layaknya orang dewasa. Semakin tua nya umur dan banyaknya pengalaman yang dilihat, disitulah kita bisa mengerti apa yang tidak kita mengerti dahulu. Mastah tidak akan pernah menjadi mastah jika dia belum pernah merasakan newbie yang selalu mencari cari ilmu.

Mastah Pernah Newbie ? Saya dahulu juga pernah menanyakan hal ini kepada teman saya yang bisa dikatakan dia itu guru, suhu atau master ( mastah ) saya. Beliau lah seorang guru yang sudah berpengalaman yang mengajarkan saya tentang dunia blogger, dunia bisnis online, maupun sebagainyaa  Saya bertanya kepada dia karena pada saat itu saya masih bingung, karena banyak sekali orang orang yang berbagi tips atau tutorial, pasti yang berkoment mastah mastah, dan banyak juga yang berkoment seperti ini, “mastah, tolong ajarkan newbie ini tutorialmu.”

Nah, setelah dia menjelaskan apa itu mastah dan newbie, barulah saya paham maksud dari kata kata tersebut. Mastah dan newbie hanya bisa dipakai di bidang bidang tertentu saja, misalnya pada dunia internet ( forum forum ), sosial media, blogger, maupun web desain ( design ). Tidak mungkin juga didunia pekerja seperti kantor kantor, pemasaran, dan sebagainya ada panggilan mastah dan newbie, kan tidak bagus kalo di katakan hehee.

Kembali lagi ke topik Mastah Pernah Newbie, dalam kedua panggilan tersebut pengalaman yang dimiliki tentunya akan berbeda beda satu sama lainnya. Ada yang pernah mencoba berbagai eksperimen terus gagal dan sampai akhirnya berhasil, ada juga yang baru mengenal. Kelebihan mastah akan saya jelaskan antara lain.

Kelebihan Seorang Mastah dibandingkan Newbie dalam dunia netizen ( internet ).

  • Mastah, mempunyai banyak ilmu pengalaman dibandingkan newbie, karena banyaknya pengalaman itulah kenapa mastah di sanjung sanjungkan dan dibangga banggakan layaknya seperti seseorang yang menciptakan sebuah teknologi baru.
  • Mastah juga memahami semua kegiatan yang ada di sosial media. misalnya seperti diskusi diskusi online, atau kegiatan yang menipu seperti jual akun maupun sebagainya.
  • Mastah mengetahui banyak tentang script script dalam desain web, dan biasanya merekalah yang menjawab semua pertanyaan pertanyaan dari newbie
Perlu diketahui bahwa mastah yang baik itu adalah mastah yang bisa dan selalu mau membantu pertanyaan pertanyaan dari newbie newbie yang ada di dunia ini. Mastah yang baik pasti akan senang jika ilmu nya dibagikan kepada seorang newbie dan ilmunya tersebut selalu digunakan oleh newbie tersebut.
Apalagi jika ilmu tersebut di lakukan secara aktif tanpa berhenti, maksud nya gini, misalnya kita seorang mastah pernah mengajarkan newbie dengan pengalaman yang kita miliki, lalu sang newbie itu nantinya juga akan menjadi mastah, dan ilmu yang kita berikan dahulu dipergunakan nya lagi untuk newbie yang dia bantu. Pahala nya pasti gede dong buat kita yang pertama kali mengajarkan ilmu tersebut.
Nah, maka dari itu, jika kalian sudah banyak pengalaman dan bisa dipastikan anda seorang mastah, jangan lupa bantulah teman teman newbie yang belum tahu apa apa ini, sesungguhnya mastah itu berasal dari newbie juga. Ibaratnya pepatah lama ” Jangan jadi kacang lupa kulit “.
Mastah yang buruk adalah mastah yang tidak mau membagikan ilmu yang sudah ia dapatkan kepada newbie yang ingin meminta ilmunya, bahkan ada mastah yang menjual ilmu nya tersebut untuk kepentingan pribadi. Bahkan ada yang menjual ilmu tersebut dengan harga mahal, kalo untuk newbie pastinya harga yang tinggi itu akan sulit untuk didapatkan.
Mastah Pernah Newbie Benarkah
Pernahkah Anda Berpikir Mastah Pernah Newbie

Makanya newbie sekarang banyak mencari cari ilmu lewat browsing otodidak ( mencari cari tahu sendiri tanpa bantuan orang lain ) di serp google, atau bisa dengan bertanya tanya di forum forum yang membahas hal tersebut, baik dalam bidang apapun yang perlu ditanyakan.

Mastah yang baik adalah mastah yang secara sukarela membagikan ilmu ilmu nya kepada para newbie yang belum tau apa apa. Buat kalian yang sudah membaca artikel ini, saya sarankan jadilah kalian sebagai mastah yang baik, mastah yang suka membagikan ilmunya, karena mastah tidak akan pernah menjadi mastah jika tidak ada newbie.
Kalo ada pertanyaan yang perlu ditanyakan, saya sebagai newbie bisa membantu menjawab pertanyaan pertanyaan dari anda, kirim saja pertanyaan pertanyaan yang ingin ditanyakan lewat email saya @fizz.rasta@gmail.com atau bisa juga kamu kirim pertanyaan di contact us dibagian homepage situs saya “jurnaliscun.com”.
Terima kasih sudah membaca artikel Pernahkah Anda Berpikir Bahwa Mastah Pernah Newbie ?
Semoga artikel yang saya berikan diatas, dapat membantu rasa penasaran anda, dan dapat membantu menjawab semua pertanyaan pertanyaan yang belum terjawab. Jangan lupa Mastah, komment nya ditunggu di blog newbie ini. Dan untuk newbie sendiri jangan lupa kembali ke blog saya lagi jika anda sudah jadi mastah yang top. Semoga artikel saya dapat menginspirasi.
BAGIKAN
Berita sebelumyaBeberapa Pemikiran Studi Hukum Dan Masyarakat
Berita berikutnyaPolitik SDM (Sumber Daya Manusia)
Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.