Web Portal Pendidikan – Selamat pagi sob, kali ini akan kita bahas perubahan lingkungan fisik. Perubahan perubahan yang dimaksud itu seperti apa sih sob ? Yuk mari kita cari tahu selengkapnya disini.

Perubahan Lingkungan Fisik

Perubahan lingkungan fisik disebabkan oleh beberapa hal. adapun hal hal tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik

a. Angin

Angin dapat bermanfaat bila bertiup tidak terlalu kencang dan teratur, misalnya untuk pembangkit listrik, membantu penyerbukan, bermain layang layang, dan menyegarkan lingkungan.

Angin juga dapat mengakibatkan kerusakan dan pengikisan tanah, contohnya adalah angin tornado, angin kumbang, angin bahorok, angin brubu, dan angin gending.

b. Hujan

Hujan dapat membuat udara segar dan lebih bersih serta dapat menumbuhkan tanaman. Air jugan juga dapat mengakibatkan banjr bandang, longsor, dan erosi.

c. Matahari

Cahaya dan panas matahari merupakan sumber energi utama di Bumi. Panas matahari dapat membantu fotosintesis tumbuhan. Batuan juga dapat hancur karena terkena panas matahari. Cahaya matahari dapat menyebabkan keretakan pada tanah dan hutan, juga dapat menjadi penyebab kebakaran pada hutan yang kering.

d. Gelombang laut

Gelombang laut dapat dimanfaatkan manusia sebagai energi listrik, untuk pemandangan atau rekreasi, dan bermain selancar. Gelombang yang besar dapat mengakibatkan abrasi, tsunami, dan menenggelamkan kapal.

e. Kegiatan Manusia

Kenapa kegiatan manusia juga dikatakan sebagai perubahan lingkungan fisik ? Karena kegiatan manusia dapat menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan fisik diantaranya penebangan hutan yang tak terkendali, pengambilan bahan tambang tanpa reklamasi lahan bekas galian, pembangunan sarana perumahan, pabrik dan jalan, pembukaan lahan pertanian baru, serta perladangan berpindah.

2. Cara Pencegahan Kerusakan Lingkungan

  • Korosi, erosi, banjir, dan tanah longsor dapat dicegah dengan penghijauan, reboisasi, dan terasering.
  • Abrasi dapat dicegah dengan menanamkan tumbuhan bakau di tepi laut atau pantai dan pemasangan beton pemecah ombak.
  • Pembuatan Jalur hijau di kota dapat menyejukan dan membersihkan udara (mengurangi polusi udara).

Perubahan lingkungan fisik juga dapat dilihat dari struktur bumi, kegiatan manusia dan peristiwa alam. Adapun penjelasannya sebagai berikut.

Struktur Bumi

Bumi terdiri atas lapisan lapisan sebagai berikut ini.

  • Lapisan Inti
    Lapisan inti terdiri atas inti luar yang terbentuk dari cairan besi, nikel, dan oksigen serta inti dalam yang terbentuk dari lapisan besi dan nikel padat.
  • Lapisan Mantel
    Lapisan mantel berupa cairan yang sangat kental dari bahan nikel, besi, dan zat zat lainnya.

Kegiatan Manusia dan Peristiwa Alam

1. Peristiwa Alam dan Dampaknya Bagi Makhluk Hidup

  • Peristiwa alam yang terjadi di Indonesia, antara lain gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan luapan lumpur panas.
  • Dampak peristiwa alam antara lain kerugian material dan nonmaterial, korban jiwa manusia dan hewan ternak, kerusakan rumah, tanaman, lingkungan, dan fasilitas umum, serta terhentinya kegiatan ekonomi dan sosial.
  • Cara pencegahan banjir antara lain dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan selokan agar aliran air lancar, dan melakukan penghijauan di lahan gundul.

2. Kegiatan Manusia Yang Dapat Mengubah Permukaan Bumi

Kegiatan kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi antara lain pertambangan di daratan dan di lautan, pembukaan hutan untuk mencetak lahan pertanian baru, penggundulan hutan, pembangunan perumahan di lahan produktif, serta pembuatan bendungan dan jalan.

Jika kita tidak ingin lingkungan kita mengalami perubahan yang buruk, maka diperlukan pelestarian terhadap sumber daya alam.

  1. Sumber daya alam dapat berupa kumpulan beraneka ragam makhluk hidup maupun benda benda yang tidak hidup yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia.
  2. Menurut ketersediaanya, sumber daya alam terdiri atas:
    a. Sumber daya alam yang kekal, seperti sinar matahari, ombak, angin, dan arus laut.
    b. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui seperti hewan dn tumbuhan serta
    c. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti bahan tambang mineral, batu bara, minyak bumi, dan gas alam.
  3. Menurut jenisnya, sumber daya alam terdiri atas:
    a. Sumber daya alam nonhayati, seperti udara, batubara, logam serta
    b. Sumber daya alam hayati seperti berbagai jenis makhluk hidup.
  4. Sumber daya alam dimanfatkan manusa untuk kesejahteraan hidupnya, seperti
    a. Bahan tambang yang digunakan sebagai perkakas, alat elektronik, badan pesawat terbang, perhiasan.
    b. Migas dan batubara untuk bahan bakar.
    c. Kayu untuk perkakas dan pembuatan kertas
    d. Kapas untuk bahan pembuatan kain.

Itulah mengapa alam perlu untuk dilestarikan. Karena perubahan alam secara fisik tergantung dari cara kita mengelolanya. Jika alam dijaga dengan baik, kita sebagai makhluk yang ada didalamnya tidak akan mengalami kepunahan.

Terima kasih sudah mengunjungi dan membaca artikel kita perubahan lingkungan fisik. Oleh sebab itu diharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pengunjung belapendidikan untuk mengembangkan artikel ini lebih lanjut.

Mas Hafiz
Seorang blogger amatir yang hobinya nulis, tidak terikat instansi apapun. Jika kamu mempunyai hobi yang sama, mari kita bangun situs ini lebih baik. Mencerdaskan seluruh pembaca adalah niat dan tujuan situs ini berdiri.