Politik Ekonomi Islam

2
314
politik ekonomi islam
politik ekonomi Islam adalah suatu jaminan dalam tercapainya pemenuhan setiap kebutuhan pokok hidup

Web portal pendidikan – Selamat malam sob, kali ini saya akan membuat suatu artikel dengan tema “politik ekonomi islam.” Untuk informasi lebih lengkapnya dapat kamu simak dalam artikel berikut.

“Ekonomi” berasal dari bhsa Yunani, ekonomi berasal dari kata “oikos” yang berarti aturan dan “nomos” yang artinya rumah tangga. Sedangkan politik sendiri berasal dari kata “polis” yang artinya negara atau daerah.

Berdasarkan makna yang secara empiris tidak lah sama, namun dalam perkembangann dunia kedua kata itu menjadi hal yang berkaitan erat dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Tindakan politik tidak terbebas dari adanya kepentingan ekonomi dan sebuah kebijakan ekonomi tidak terlepas juga dari kepentingan politik. Dengan demikian lah ekonomi politik dimaksudkan untuk mengungkap kondisi di mana produksi ataupun konsumsi di selenggara kan negara negara.

1. Ekonomi potik menurut para ahli.

Definisi ekonomi politik menurut Balam merupakan suatu disiplin intelektual yang mengkaji hubungan antara ekonomi dan politik. Menurut P. Todaro, ekonomi politik mmbahas tentan hubungan politik dan ekonomi dalam tekanan pada peran kekuasaan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Baca : Teori Teori Pertumbuhan Ekonomi

Pakar lainnya juga menggunakan istilah “ekonomi politik” untuk merujuk kepada masalah masalah yang dihasilkan oleh interaksi kegiatan politik dan ekonomi. Dengan demikian ekonomi politik menjelaskan serta mengungkapkan hukum hukum produksi kekayaan di tingkat negara negara di dunia.

2. Ekonomi politik secara umum.

Biasanya ketika berbicara atau membahas tentang ekonomi maka ingatan kita akan langsung tertuju kepada kata yang tidak terlepas dari unsur unsur produksi, konsumsi, distribusi, investasi, impor dan ekspor. Yang tentu akan berbeda ketika bahas politik, istilah kata yang akan ditemukan seperti ideologi, negara, kelompok, pemerintah dan lain lain.

Kemudian dengan seiringnya perkembangan dunia, kajian kajian mengenai ekonomi politik pun semakin menyebar luas. Dengan sengaja ataupun tidak, kedua kata yang secara empiris maupun istilah berbeda tersebut, dipadukan menjadi satu kalimat yaitu “ekonomi politik”.

Sehingga dari kata itulah muncul kajian baru yang berkaitan dengan kegiatan kegiatan maupun keputusan yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan serta kepentingan dari masyarakat yang sesuai dengan tujuan dan ideologi negara yang berkaitan.

Ungkapan Economic Politique yang diterjemahkan kedalam bahasa Inggris yaitu sebagai ekonomi politik, yang pertama kali muncul di negara Perancis pada tahun 1615 dengan buku yang terkenal pada saat itu oleh Antoine Montchrétien de: Traité de l’Economie Politique.

Physiocrats Prancis, Adam Smith, David Ricardo dan filsuf asal Jerman, serta sosial teori Karl Marx dari beberapa eksponen ekonomi politik. Pada tahun 1805, Thomas Malthius menjadi profesor ekonomi politik pertama inggris, di East India Company College, Haileybury, Hertfordshire.

2 KOMENTAR

  1. penting banget belajar dunia islam seperti ini

  2. politik mempunyai kepentingan terhadap ekonomi, makanya para pejabat senang banget kalo urusan duit, soalnya ada kepentingan didalamnya

LEAVE A REPLY