Proses Terjadinya Hujan (Siklus Air)

oleh -4.955 views

Proses terjadinya hujan atau disebut juga siklus air (Sikluk Hidrologi) adalah hal alamia yang terjadi di bumi. Proses ini lah yang menyebabkan adanya hujan yang sering kita alami pada saat musimnya. Siklus ini terjadi akibat pemasanan pada air laut karena trik sinar matahari. Hal ini menjadi kunci utama dalam siklus ini yang menyebabkan air terus berputar (Siklus) dan mengalami pemanasan kembali dan terjadi hujan.

Untuk lebih jelasnya, disini Anda akan di jelaskan siklus hujan atau proses terjadinya hujan lebih mendetail lagi. Siklus pertama kali karena adanya pemanasan oleh sinar matahari pada air di laut kemudian menguap, air berevaporasi kemudian jatuh dalam bentuk titikan air atau biasa disebut hujan. Dalam kasus lain tergantung cuaca dan iklim setempat, air tersebut bisa berubah menjadi salju, hujan es, bahkan kabut.

Dalam perjalanan presipitasi tersebut dapat berevaporasi keatas atau bisa juga langsung jatuh namun diintersepsi oleh pepohohan sebelum menyentuh tanah. Saat titik tersebut menyentuh tanah, siklus air akan terus bergerak secara terus menerus dalam beberapa cara, berikut ini adalah 3 caranya:

Evaporasi/Transpirasi

Cara ini terjadi ketikan air di laut, sungai atau dimanapun itu mengalami penguapan ke atmosfer dan akhirnya menjadi awan. Saat menjadi awan atau uap air jenuh, akan menjadi bintik-bintik air dalam jumlah banyak dan akan jatuh sebagai hujan, hujan es, salju, atau kabut.

Infiltrasi

Disebut juga perkolasi dalam tanah dimana air bergerak masuk ke tanah melalui pori-pori tanah kemudian bergerak secara horizontal atau vertical dibawah tanah hingga air tersebut kembali ke permukaan.

Air Permukaan

Proses dimana air yang bergerak di permukaan dekat aliran air atau danau, maka aliran akan menjadi lebih besar. Aliran di permukaan bisa dilihat pada daerah urban. Sungai-sungai biasanya bergabung satu sama lain dan membentuk sungai induk kemudian mengarahkan air tersebut menuju ke laut.

Air yang telah berkumpul tadi baik di laut, sawah, danau, waduk, rawa, dan genangan-genangan air yang lebih besar akan mengalami siklus air, hal ini lah yang disebut proses terjadinya hujan. Pada awalnya, volume air di bumi itu sama saja, namun perubahan wujud tersebut lah yang berbeda seperti apa yang kita lihat pada siklus atau proses terjadinya hujan.

Proses Terjadinya Hujan

Beberapa Macam Proses Terjadinya Hujan (Siklus Air):

1. Siklus Pendek/Kecil

Siklus ini sangat sederhana dan pendek. Air laut akan menguap dan berubah menjadi uap dikarenakan panas dari matahari. Setelah itu, akan terjadi kondensasi dan membentuk awan serta akhirnya jatuh kebumi dalam bentuk bintik-bintik air, es, dan salju.

2. Siklus Sedang

Air laut akan menguap karena pasan matahari, terjadi yang namanya evaporasi dan akan terbawah arus angin kemudian terbentuklah awan. Jika volume awan sudah terlalu berat, terjadilah hujan dan air nya akan kembali ke laut dan mengalami siklus kembali.

3. Siklus Panjang/Besar

Siklus yang panjang, dimulai dengan penguapan air karena trik matahari, kemudian mengalami sublimasi, dan akan membentuk awan berisi Kristal es. Awan tersebut akan bergerak sesuai kemauan angin dan akhirnya menjadi awan. Setelah terbentuk awan, salju akan turun dalam bentuk gletser. Saat di permukaan, gletser akan mencari dan membentuk aliran air (Sungai) dan kembali ke laut.

Baca juga: Sikap Positif Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa

Siklus air atau proses terjadinya hujan terjadi secara terus menerus, bagi manusia hal ini dapat dimanfaatkan menjadi banyak hal yang berguna.

3 thoughts on “Proses Terjadinya Hujan (Siklus Air)

  1. oh jadi itu siklus dari air hujannya. setau saya sih air hujan itu asal mulanya dari air laut yang naik ke atas hingga membentuk awan, semakin tebal kandungan air di awan tersebut maka kandungan tersebut tidak dapat lagi menahan jumlah air yang di angkat, makanya turun lah hujan

  2. tapi kenapa ya kalo air hujan terkena besi akan berkarat ? apakah air hujan memiliki zat yang dapat membuat besi berkarat ?

  3. saya jadi tau ketika turun hujan ada beberapa tipe siklus air nya .. Biasanya saya mengamati turunnya hujan dikarenakan uap air didalam awan sudah melebihi batas

Comments are closed.