Sejarah Bola Voli, Pengertian dan Aturannya

Sejarah Bola Voli

Bola volli adalah salah satu cabang olahraga bola besar yang selalu dimainkan oleh banyak orang. Olahraga ini juga menjadi salah satu cabang olahraga bola besar populer yang selalu dipertandingkan selain sepak bola dan basket. Kali ini, Bela Pendidikan akan mengulas apa itu volli dan bagaimana sejarah bola voli mulai dari awal dibentuknya sampai sekarang.

Pengertian Voli

Voli atau volley adalah salah satu olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua regu yang saling berlawanan. Masing-masing regu atau grup memiliki 6 pemain didalamnya.

Variasi yang ada dipermainan bola voli juga beragam, ada yang disebut sebagai tosser, libero, ace, dan lainnya. Namun, tak semua olahraga volley harus memiliki 6 pemain. Dalam kasus berbeda, permainan bola voli pantai bisa menggunakan dua orang pemain disetiap regunya.

FIVB (Federation Internationale de Volleyball) adalah induk organisasi bola volley seluruh dunia. Untuk di Indonesia dikenal sebagai PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Sejarah Bola Voli

Olahraga ini awalnya bernama mintonette yang pertama kali dikemukakan oleh instruktur pendidikan jasmani dengan nama William G. Morgan di YMCA pada 9 Februari 1895 di Amerika Serikat. YMCA adalah organisasi yang didedikasikan khusus untuk mendidik umat Kriseten kepada pemuda yang telah diajarkan oleh Yesus.

Setelah bertemu dengan James Naismith yang menjadi penemu bola basket dan pasca meninggalnya, ai akhirnya membuat sebuah olahraga baru bernama mintonette. Seperti sang pencipta bola basket tersebut, dia juga ikut mengabdi menjadi instruktur pendidikan jasmani.

Sejarah Bola Voli

Sejarah Bola Voli

William G. Morgan merupakan lulusan Springfield College of YMCA kemudian menciptakan sebuah permainan mintonette 4 tahun setelah basket diciptakan oleh James Naismith. Permainan ini diciptakan atas beberapa kombinasi dari permainan dan menggabungkannya menjadi satu yaitu basket, baseball, tenis, dan handball.

Awalnya, permainan ini khusus dibuat untuk YMCA yang berusia tak muda lagi namun seiring berjalannya waktu permainan ini lebih aktif dari sebelumnya.

Pada tahun 1896, terjadi perubahan nama dari permainan mintonette menjadi volleyball saat demonstrasi pertamanya di YMCA Training School. Dalam sebuah kesempatan yang diadakan oleh YMCA, Morgan memperkenalkan olahraga ini dan menjelaskan aturan permainan serta apapun yang terkait dengan volley ball. Morgan juga menjelaskan bahwa volleyball bisa dimainkan di luar ruangan dan dalam ruangan.

Selain itu, permainan ini juga bisa dimainkan oleh banyak orang tanpa batasan dengan tujuan utama membuat bola tetap berada dijalur dan saling melewati net dari wilayah ke wilayah. Seiring berjalannya waktu, aturan-aturan baru muncul dan menjadi cabang olahraga terbaik sampai sekarang ini.

Aturan Dalam Voli

Ukuran dari lapangan voli tak bisa ditentukan seenaknya saja. Dalam aturan, lapangan harus berukuran 9m x 18m. garis batas serang yang digunakan pemain belakang harus memiliki jarak 3 m dari garis tengah atau garis yang sejajar dengan jaring. Garis tepi lapangan harus berukuran 5 m.

Untuk bola yang digunakan harus memiliki keliling lingkaran 65 sampai 67 cm dengan berat 260 sampai 280 gram. Untuk net, terbagi dua bagian yaitu tinggi untuk putra 2,43 m sedangkan untuk putri adalah 2,24 m. Dibedakan karena tinggi laki-laki dan wanita itu tidak sama, hal ini untuk memberikan keseimbangan permainan.

Baca juga: Pengertian Filsafat Ilmu beserta Objek dan Konsepnya

Pengertian voli dan sejarah voli diatas harus Anda tahu karena merupakan pengetahuan dasar dalam olahraga, khususnya Anda yang mendalami apa itu voli.