Internet menjadi salah satu kebutuhan yang paling banyak di perlukan oleh penduduk dunia sekarang. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, internet seperti telah menjadi salah satu kebutuhan manusia yang harus di penuhi. Dengan internet, Anda bisa mencari, menjelajah, berhubungan, bahkan bisa melakukan interaksi secara tak langsung baik itu positif dan negatif. Karena itulah, sejarah internet menjadi pengetahuan dasar yang harus di ketahui di zaman ini.

Sejarah Internet

Internet adalah jaringan komputer yang pertama kali di bentuk tahun 1969 di Amerika Serikat oleh Departemen Pertahanan. Sejarah internet di mulai dengan adanya proyek ARPA yang terus mengembangkan jaringan dengan nama ARPANET, mereka melakukan pengujian pada hardware beserta software berbasis UNIX pada sebuah komputer.

Tujuan proyek tersebut di bangun pada awalnya hanya untuk keperluan militer saja. Saat itu, US Department of Defense yang telah membuat jaringan yang kemudian disebar dan menghubungkan rangkaian computer di beberapa daerah guna menanggulangi adanya serangan nuklir serta menghindari terjadinya informasi terpusat yang bisa membuat perang dihentikan.

ARPANET hanya bisa menyambungkan 4 situs saja pada awalnya, yaitu University of Utah, Stanford Research Institute, Unversity of California, dan Santa Barbara. Mereka membentuk sebuah jaringan pada tahun 1969 kemudian secara umum, ARPANET diperkenalkan pada tahun 1972 kemudian menyebar luas.

Sejarah Internet
16 Maret 1967: Bintang film Inggris Michael Caine memainkan mata-mata cockney Harry Palmer dalam film Harry Saltzman ‘Billion Dollar Brain’. Komputer Honeywell seharga 150.000 adalah basis dari set film besar di Pinewood Studios. (Foto oleh Keystone / Getty Images)

Karena proyek ini sangatlah luar biasa, banyak unversitas di berbagai Negara ingin ikut serta, karena itu lah ARPANET menjadi kewalahan. Untuk mengatasinya, ARPANET kemudia di belah menjadi dua yaitu MILNET dan ARPANET. MILNET untuk keperluan militer sedangkan ARPANET untuk kebutuhan kecil (Non-militer) seperti yang di pergunakan universitas.

Setelah itu, kedua jaringan tersebut digabung kemdian di perkenalkan dengan nama DARPA Internet atau sekarang kita menyebutnya internet.

Simbiosis Komputer-Manusia

Man-Computer Symbiosis, istilah yang petama kali muncul pada tahun 1960 ini di abadikan dalam sebuah karya ilmia J. C. R. Licklider. Isitilah tersebut memiliki arti jaringan yang tersambung satu dengan yang lain melalui perantara pita komunikasi dengan fungsi sebagai perpustakaan.

Bersama dengan ilmuan lainnya yang bernama Wlden Clark, Licklider juga melakukan banyak penerbitan karya, salah satunya berjudul On-Line Man-Computer Communication. Dengan melalui karyanya itu, mereka mencoba menjelaskan kehidupan manusia yang saling terhubung melalui internet.

Ia kemudian bergabung dalam IPTO, salah satu divisi di DARPA dengan tujuan membuat jaringan yang bisa menghubungkan tiga computer pertahanan Amerika Serikat. Namun pada tahun 1964, Licklider kemudian keluar dari IPTO dan visi tentang jaringan darinya berhasil menciptakan ARPANET pada tahun 1969. Setelah itu, tahun 1973 Licklider memimpin dalam kurung waktu 2 tahun.

Sejarah internet di mulai lama sebelum internet tersebar luas dan melahirkan banyak trobosan baru yang memudahkan manusia seperti Search Engine (Google, Bing, Yahoo!, dll) dan social media (Facebook, Twitter, Instagram, dll) yang memerlukan jaringan Internet.

Kenyataan bahwa sejarah internet di mulai dari kebutuhan militer perang semata ternyata bisa sangat bermanfaat di zaman modern ini. Tentunya, perkembangan tak terhenti dari hadirnya jaringan yang bisa di akses (Internet), namun masih banyak kejadian penting dalam sejarah, seperti pada tahun 1986, DNS atau juga disebut sebagai Domain pertama kali di perkenalkan.

Baca juga: Proses Terjadinya Hujan (Siklus Air)

Penggunaan internet mulai dari 1969 sampai sekarang adalah sejarah yang amat berarti, mulai dari ARPANET sampai dengan internet yang sekarang kita nikmati setiap hari. Itu dia sejarah internet, dan semoga bermanfaat.