Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

oleh
Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Indonesia adalah Negara besar kepulauan yang memiki berbagai macam budaya, agama, adat istiadat, dan lainnya. Berbicara tentang kepercayaan atau agama yang ada di Indonesia, Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki penduduk terbanyak beragama Islam di dunia. Tahukan Anda bagaimana sejarah masuknya Islam di Indonesia?

Disini Anda akan di jelaskan proses masuknya agama Islam di Indonesia, mulai dari masuk sampai proses penyebarluasannya. Banyak teori yang menjelaskan masuk nya Islam di Indonesia dan semua proses memerlukan waktu yang lama. Berikut ini adalah sejarah masuknya Islam menurut berbagai teori.

1. Islam Masuk Pada Abad ke-7 Masehi

Banyak ahli yang menyebutkan Islam masuk ke Indonesia bermula pada awal Abad ke-7 Masehi. Sejarah masuknya Islam ke Indonesia pada Abad ke-7 ini dikatakan berawal dari wilayah Sumatera Utara, atau dulu dikenal sebagai Daerah Samudera Pasai. Menurut berita China masa Dinasti Tang, penyebaran Islam di Indonesia bermula dari orang-orang Ta-Shih (Arab serta Persia) yang tak jadi menyerang Kaling, saat itu berada di bawah kekuasaan Ratu Sima tahun 674.

2. Islam Masuk Sejak Abad ke-11 Masehi

Masih ada pendapat lain, para ahli menyebutkan bahwa Islam masuk pada Abad ke-11 Masehi. Sejarah masuknya Islam di Indonesia pada abad ke-11 ini di mulai dengan adanya batu nisan Fatima yang ada di Gresik Jawa Timur, tepatnya di sekitar daerah tersebut. Batu nisan tersebut berangka tahun 1082 M.

3. Sejarah Masuknya Islam di Indonesia Pada Abad ke-13 Masehi

Banyaknya pendapat ahli memang sedikit membuat Anda bingung, namun pendapat-pendapat ini tak dibuat semata-mata, tapi memiliki bukti yang kuat. Dalam teori sejarah masuknya Islam di Indonesia pada Abad ke-13 ini, buktinya lebih kuat daripada 2 pendapat ahli yang telah diulas diatas.

Diantaranya adalah masa runtuhnya Dinasti Abassiah (1258) di Baghdad, sejarah Marcopolo (1292), batu nisan Sultan Malik as Saleh (1297), serta sejarah Ibnu Battuta (1345). Pendapat tersebut semakin kuat dengan adanya teori penyebaran Tasawuf di Indonesia.

Proses Penyebaran Islam di Indonesia

Pada awal masuknya Islam di Indonesia, Agama Islam di sebarkan melalui para pedagang dari Arab bersama dengan pedagang India dan Persia. Pada abad ke-7 M, sebagian wilayah berpendudukan kecil, Islam di akui namun tak bisa menyebar dengan leluasa karena masih dalam pengaruh kekuasaan Raja-Raja Hindu-Budha.

Proses masuknya Islam di Indonesia sampai dengan penyebarannya memiliki saluran-saluran penyebaran yang beragam. Salah satunya adalah disebarluaskan dari pedagang Arab, India, dan Persia. Beberapa saluran penyebaran Islam lainnya adalah dengan cara melakukan perkawinan, berdakwah, lewat pendidikan, lewat seni dan budaya serta yang terakhir adalah Proses penyebaran ajaran Tasawuf.

Alasan Islam Mudah Diterima Indonesia

Islam adalah agama yang benar, meski awalnya masuk tak semudah yang dipikirkan dan memerlukan waktu lama serta perjuangan nyata, pada akhirnya Islam berhasil berkembang pesat dan mudah diterima oleh Indonesia.

Beberapa Faktor yang Mendukung Islam Masuk di Indonesia:
1. Syarat yang mudah saat seseorang ingin masuk Islam.
2. Ibadah yang sederhana dan tak memerlukan banyak biaya.
3. Tak mengenal kalangan.
4. Islam adalah ajaran yang tak memaksa.
5. Mudah di Pahami.
6. Penyebaran ajaran yang damai tanpa kekerasan.
7. Tidak ada batasan terkait Otoritas setempat.

Itu dia teori pembahasan sejarah masuknya Islam ke Indonesia beserta dengan proses, dan factor penyebab Islam mudah diterima, semoga bermanfaat untuk Anda.