Press "Enter" to skip to content

Sistem Pelayanan Publik

Jurnaliscun.com – Hai Sobat , Saya akan menjelaskan tentang sistem pelayanan untuk publik , Sebagaimana telah diuraikan, bahwa pemerintahan pada hakikatnya menyelenggarakan fungsi pelayanan kepada masyarakat (publik service), atau pemerintah adalah pelayanan bagi masyarakat.
Ia tidaklah diadakan untuk melayani dirinya sendiri, tetapi untuk melayani masyarakat serta menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya demi mencapai tujuan bersama.

public1
Sistem Pelayanan Publik

Oleh karena itu, pemerintah berkewajiban bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan publik yang baik dan profesional. Pelayanan publik berhubungan dengan pelayanan yang masuk dari kategori sektor publik, bukan sektor privat. Pelayanan tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan BUMN/BUMD. Ketiga komponen yang menangani sektor publik tersebut menyediakan pelayanan publik seperti kesehatan, pendidikan, keamanan, dan ketertiban, bantuan sosial dan lain lain.

Pelayanan publik oleh pemerintah daerah seperti diuraikan diatas adalah merupakan salah satu perwujudan dari fungsi pemerintah menurut kemampuan dan kreativitasnya untuk mengatur dan menentukan kehidupannya sendiri. Oleh karena itu dalam rangka memberikan nuansa legalitas terhadap sistem pelayanan publik sebagaimana diuraikan diatas, sudah tentu diperlukan adanya suatu instrumen yuridis sebagai sarana kontrol terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah (daerah).

Bruggink dalam bukunya “Rechtsreflecties” menyebutkan tiga macam keberlakuan hukum, yaitu : (1) Keberlakuan normatif atau keberlakuan formal kaidah hukum, yaitu jika suatu kaidah merupakan bagian dari suatu sistem kaidah hukum tertentu yang didalamnya kaidah kaidah hukum itu saling menunjuk, (2) Keberlakuan formal atau keberlakuan empiris kaidah hukum, yaitu warga masyarakat, untuk siapa kaidah hukum itu berlaku, mematuhi kaidah hukum tersebut. Keadaan ini dapat dinilai dari penelitian empiris dan, (3) Keberlakuan evaluatif kaidah hukum, yaitu jika kaidah hukum itu berdasarkan isinya dipandang bernilai.

Berkaitan dengan pandangan Bruggink, oleh Hans Kelsen dikatakan “Efficacy of law means that man actually behave as, according to the legal norrns, they aght to behave, that the norms are to the legal norms are actually aplied and obyed.”
( Hukum Efektif apabila keadaan yang berbuat sesuai dengan norma hukum yang mengharuskan mereka berbuat atau tidak berbuat, dengan kata lain norma norma itu benar benar diterapkan dan dipatuhi sesuai dengan perintah norma hukum.)
Dalam kaitan ini Soerjono Soekanto mengemukakan beberapa faktor yang berpengaruh terhadap keberlakuan/penegakan suatu aturan hukum, yaitu meliputi (1) faktor hukumnya sendiri, (2) faktor penegak hukum, (3) faktor sarana atau fasilitas, (4) faktor masyarakat, (5) faktor kebudayaan
hal ini juga dapat di jelaskan dalam wikipedia, (undang undang pelayanan publik).

Keberlakuan hukum diharapkan dapat memenuhi nilai nilai dasar oleh Gustav Rodbrach, meliputi nilai keadilan (rechtvaardigheid), nilai kepastian hukum (rechtszekerheid), dan nilai kemanfaatan (doelmatigheid). Di samping itu, masalah hukum akan semakin tampak nyata apabila kita taat hukum sebagai suatu sistem dalam arti hukum mengandung unsur unsur atau komponen komponen yang satu sama lain tidak boleh saling pertentangan. Komponen komponen sistem hukum sebagai sub sistem meliputi :
a. Subtantive Law – constitutional, staturory, judge-made, administrative
b. Procedural Law – contstitutional, staturory, judge-made, administrative
c. Persor-judges, Lawyers, police, othe law, enforcing and law administrating persons
d. Organization – Legislative, court system, administrative agencies
e. Resources – budgets, information and information processing capacitips, physical facilities
Berdasarkan pada uraian diaas, tergambar bahwa setiap komponen tersebut mempunyai potensi sebagai instrumen policy.
ada komponen sistem hukum yang berbeda dari yang saya sampaikan di atas , mungkin jika sobat ingin mengetahuinya dapat dilihat di artikel ini.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, lebih dan kurang mohon di maafkan, jika artikel di atas ingin sobat miliki, sobat dapat downloadnya disini

One Comment

  1. ahmad andrian ahmad andrian 15/06/2015

    sistem pelayanan hukum di indonesia kacau balau gan , ini yang membuat indonesia ga bagus dalam sistem hukum nya

Comments are closed.