Teknik Mengurangi Rasa Sakit Saat Persalinan

oleh -40 views
teknik mengurangi rasa sakit saat persalinan
teknik mengurangi rasa sakit saat persalinan

Web portal pendidikan – Selamat malam sob, artikel yang akan kita bahas kali ini tentang dunia medis, yaitu bagaimana sih teknik mengurangi rasa sakit saat persalinan ? Untuk itu dalam artikel kali ini akan kita ulas jawabannya.

Teknik Mengurangi Rasa Sakit Saat Persalinan

Kontraksi menjelang persalinan memang terasa sakit. Hal ini memang wajar terjadi dan itu merupakan proses alamiah setiap wanita yang akan melahirkan.

Untuk menghadapinya para ibu harus melakukan beberapa hal, seperti mengkonsumsi makanan bergizi agar tubuh tetap bugar, salah satunya yang mengandung kalsium.

Pentingnya asupan kalsium selama kehamilan berfungsi untuk perkembangan tulang pada janin, juga mengurangi resiko osteoporosis pada ibu hamil.

Ada beberapa teknik untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri saat persalinan, diantaranya:

  • Posisi jongkok
posisi jongkok mengurangi rasa sakit saat persalinan
Posisi Jongkok

Ketika sedang terjadi kontraksi, usahakan ibu mencari ketenangan. Diantaranya dengan menyiapkan ruang pribadi yang mungkin bisa anda gunakan untuk berbaring, berjalan, jongkok, dan duduk dengan leluasa.

Jika kontraksi datang, lakukanlah posisi jongkok dengan berpegangan pada tiang atau benda yang kokoh yang bisa anda jadikan pegangan saat jongkok agar tidak terjatuh.

Jongkok merupakan posisi yang sempurna untuk proses pembukaan dan membawa bayi ke leher rahim sehingga proses persalinan menjadi cepat.

  • Posisi bersimpuh
posisi bersimpuh mengurangi rasa sakit saat persalinan
posisi bersimpuh mengurangi rasa sakit saat persalinan

Tidak  bisa dipungkiri, semakin lama proses kontraksi dapat membuat energi anda terkuras habis juga tanpa disadari tubuh anda terasa seperti tertarik gravitasi bumi.

Maka dari itu cobalah untuk posisi bersimpuh dengan mencondongkan tubuh ke depan, angkat panggul ke atas dan tarik ke belakang. Sambil tarik nafas dalam lalu hembuskan secara perlahan. Hal ini dapat mengurangi sakit saat kontraksi.

  • Hidroterapi
Hidroterapi mengurangi rasa sakit saat persalinan
Hidroterapi mengurangi rasa sakit saat persalinan

Teknik selanjutnya anda bisa melakukan hidroterapi atau mandi dengan air hangat. Air hangat dapat membuat tubuh lebih rileks. 

Lakukan sambil duduk dengan shower mengarah ke perut atau punggung. Selain membuat rileks, mandi air hangat juga dapat mempercepat persalinan. Cara ini bisa dibantu suami atau rekan yang menemani anda.

Itulah beberapa teknik yang bisa anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit saat kontraksi. Lakukan persiapan kehamilan dan persalinan sematang mungkin, mulai dari fisik dengan mengkonsumsi makanan  bergizi juga biaya tentunya.

Tetap tenang dan jangan sampai ibu hamil mengalami stress karena hal itu dapat menghambat proses persalinan juga tidak baik untuk perkembangan janinnya.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *