Web portal pendidikan – Selamat siang sobat belapendidikan, kali ini kita akan bahas teknologi energi listrik modem untuk masa depan. Seperti apa teknologinya ? Berikut akan kami ulas di bawah ini.

Teknologi Energi Listrik Modem Untuk Masa Depan ?


Hingga saat ini, listrik menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus ada dalam setiap rumah tangga. Bahkan, dalam setiap perusahaan atau industri, ketersediaan listrik harus diutamakan demi menunjang keberlangsungannya.

Masalahnya, kebutuhan listrik yang semakin tinggi saat ini tidak diimbangi dengan pasokan energi listrik yang mencukupi. Tak heran jika semakin hari harga listrik semakin mahal.

Jika dikaitkan dengan perkembangan teknologi, sebenarnya masalah pasokan listirk ini bisa diatasi dengan tenaga matahari. Ya, energi matahari ini bisa dikembangkan menjadi pembangkit listrik.

Mengingat letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa, maka sinar mahatari bukanlah hal yang langka. Lalu, bagaimana prinsip dasar teknologi ini?

Prinsip Dasar Teknologi Solar Panel


Pengubahan energi matahari menjadi energi listrik dikenal dengan teknologi solar panel.

Hingga saat ini, sudah banyak perusahaan industri yang pasang solar panel demi menghemat pengeluaran budget karena tingginya biaya listrik yang ditagihkan. Berikut ini adalah mekanisme kerja solar panel.

Setelah melakukan pemasangan solar panel, maka sinar matahari akan diserap oleh panel-panel tenaga surya. Sinar matahari tersebut akan disimpan dan diolah pada proses selanjutnya.

Proses pengolahannya mengubah foton menjadi energi listrik dan dikenal dengan istilah photovoltaic (PV). Semakin tinggi intensitas cahaya matahari, maka energi listrik yang diperoleh juga makin besar.

Solar Panel, Teknologi Listrik Tenaga Surya yang Didukung Pemerintah


Tahukah Anda, selain sebagai inovasi teknologi terbaru, rupanya pemerintah sangat mendukung ketersediaan solar panel.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi sejak tahun 2012 lalu yang menyatakan bahwa pengembangan energi hibrida sangat cocok diterapkan di negara kepulauan seperti Indonesia ini.

Apalagi, tenaga hibrida ini bisa Anda peroleh melalui perpaduan diesel generator dengan panel tenaga surya. Jadi, selain menghemat waktu juga lebih ramah lingkungan.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan solar panel, sebaiknya gunakan jasa dari Sewatama. Tidak hanya menyediakan jasa sewa genset, Sewatama juga melayani penggunaan teknologi hibrida modern guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ingat solar PV, maka Sewatama solusinya.

Kamu juga bisa menulis karyamu di belapendidikan, dibaca jutaan pengunjung, dan bisa menghasilkan jutaan rupiah. Klik disini untuk kirim tulisan, atau bisa lewat email kami redaksi@belapendidikan.com

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com