Tips Belajar Blog Bagi Pemula Lengkap !!

oleh
tips belajar blog bagi pemula lengkap
kursus belajar blog bagi pemula lengkap hanya ada disini

web portal pendidikan – Selamat pagi sobat belapendidikan, pada malam hari ini saya ingin membuat suatu artikel hiburan, atau bisa juga artikel yang membantu orang orang untuk belajar bagaimana mengelola Blog yang ditujukan untuk pemula. Dalam artikel yang berjudul “Tips Belajar Blog Bagi Pemula.”

Tips Belajar Blog Bagi Pemula

Sebelum kita melanjutkan ke materi pembahasan ini pertama tama saya ingin menyapa para pengunjung setia belapendidikan, kalian bisa merespon sapaan saya ini melalui kolom komentar dibawah ini. Nah disini penulis mau menyampaikan tips “belajar blog” bagi pemula atau sering kita maksud newbie.

Belajar ngeblog itu sebenarnya cukup simple dan mudah dimengerti “bagi yang sudah paham”. Tapi bagaimana yang belum mengerti sama sekali tentang blog ? Nah disini akan kita ulas dulu pertanyaan dasar diatas.

Buat kalian yang belum mengerti sama sekali tentang blog, bagaimana kalian bisa sampai terpikirkan untuk belajar ngeblog kalo kalian sendiri tidak mengerti sama sekali ? Nah, disini perlu kita ulas dahulu sob.

Untuk memulai pekerjaan sebagai seorang blogger, tips pertama atau tips dasar yang saya sampaikan yaitu Tekadkan dan Niat, Serta yakin untuk bersungguh sungguh dalam mengelola suatu blog atau website. Karna jika tidak ada niat yang bulat tentu ini akan menjadi suatu pengalaman yang sia sia.

Saya sebagai “guru” disini bertugas untuk memandu anda yang “pemula” dalam dunia blog pasti tidak akan menginginkan ilmunya hanya dipakai sesaat, maksudnya disini kalian hanya ingin ngeblog karena ingin ikut ikutan teman, jika sudah bosan langsung ditinggal begitu saja. Hmm.. jika saya bertemu orang seperti ini tentu saya sangat jengkel sekali. Makanya disini saya ingatkan pertama tama siapkan mental dan keyakinan serta niat yang bulat untuk belajar ngeblog dengan seyakin yakinnya.

Lanjut ketahap berikutnya, sedikit lebih naik dari sebelumnya, jika sudah mempunyai niat kini saya ingin memberikan media untuk membuat suatu blog, bisa dibilang “platform.” Yang dimaksud disini adalah media untuk membuat blog kalian.

Untuk saat ini yang saya ketahui ada 2 yang terbaik dan digunakan lebih dari jutaan orang di dunia ini. Dari 2 ini ada kelebihan dan kekurangannya masing masing. Blogspot dan WordPress. Dua platform ini mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri sendiri.

Tips Belajar Blog Bagi Pemula

Untuk sobat yang pemula saya wajibkan untuk membuat blog dengan memakai platform blogspot saja, karena platform satu ini bisa digunakan dengan sangat mudah dan pastinya gratis. Platform satu ini merupakan produk yang dihasilkan dari google sendiri, jadi untuk pemula tidak perlu bekerja keras untuk memahami platform satu ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang blogspot mungkin sobat bisa cari referensi lain, karena tidak mungkin saya bahas sedetail mungkin tentang platform ini, bisa panjang tar ini artikel hehee..

Jika anda ingin menggunakan platform blogspot, langkah yang harus anda lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Daftar akun kalian di blogger.com
  2. Isi kolom kolom yang disediakan sesuai yang dipertanyakan, biasanya ditanyakan nama blog, url blog dan deskripsi blog.
  3. Pilih template (tema) blog. Maksudnya disini anda disuruh untuk memilih tampilan yang ingin di aplikasikan dalam blog anda.
  4. Jika kolom yang di sediakan sudah diisi semua sesuai dengan apa yang ditanyakan, lanjut ke kolom “Buat Blog”.
  5. Selesai, kalian bisa isi artikel, tulisan, gambar dan lain lain didalam blog anda.

Jika kalian ada yang masih bingung tentang url blog, saya akan menjelaskan nya sebagai berikut.

Url Blog adalah sebuah link blog anda, misalnya seperti situs saya ini belapendidikan.com Nah untuk sobat yang membuat blog dengan platform blogspot yang gratis, url nya yaitu seperti ini belapendidikan.blogspot.com (ada embel embel blogspot nya dibelakang).

Jika kita bahas tentang url tentu anda harus tahu apa itu “domain”. Domain adalah nama dibelakang, misalnya seperti situs saya ini belapendidikan.com, nah yang dimaksud domain adalah “.com“. Domain ada yang berbayar dan ada juga yang gratisan. Untuk yang berbayar banyak media provider yang menjual domain dengan harga yang bervariatif, dan untuk sobat yang suka dengan gratisan tentu ada domain gratis juga.

Mungkin referensi ini dapat membantu anda untuk memiliki domain gratis selamanya. Domain gratis dari freenom.

Tips Belajar Blog Bagi Pemula

Lanjut ke platform wordpress, tadi sudah saya jelaskan tentang blogspot, kini saya akan menjelaskan platform wordpress.

WordPress adalah platform untuk membuat suatu blog yang berkualitas, misalnya seperti situs situs web terkenal yang anda ketahui, situs situs berita, web portal yang ada di indonesia itu semua web yang berasal dari platform wordpress. Jika kita melihat arti kata “Berkualitas” pastinya ada harga untuk itu.

Platform wordpress memiliki 2 bagian, yaitu berbayar dan gratis. Untuk yang gratis cara kerja nya hampir sama dengan blogspot, yaitu memakai url nama.wordpress.com.

Langkah untuk membuat blog dengan platform wordpress adalah

  1. Buat Blog di wordpress.com
  2. Isi kolom kolom yang disediakan
  3. Isi url blog, judul artikel.
  4. Pilih template (thema)
  5. Buat Blog

Kekurangan memakai platform wordpress “gratis” adalah hosting nya dibatasi. Hosting disini adalah kapasitas yang disediakan sangat terbatas. Misalnya seperti ini, hosting yang disediakan adalah 3GB. Nah misalnya kita buat 1 artikel dengan banyak gambar, ibaratnya 1 gambar saja yang ada di artikel berukuran 2mb, nah itung aja berapa banyak gambar di satu artikel tersebut. Jika sudah mencapai batas, kalian tidak bisa lagi membuat artikel dengan menggunakan gambar.

Bukan hanya itu, template (thema) yang digunakan juga sangat terbatas, kita tidak bisa memilih thema selain yang disediakan pihak platform gratisan. Tentu ini sangat merugikan bagi pemilik blog.

Untuk yang prabayar (wordpress berbayar) maksudnya disini bukan wordpress nya yang kita bayar, tapi hosting nya yang kita beli. Ada bermacam macam variatif, misalnya kita ingin beli 1GB kapasitas, 5GB kapasitas atau bahkan unlimited (tanpa batas). Tentu harga nya berbeda beda.

Untuk unlimited harga yang ditawarkan memang mahal, tapi keuntungannya kalian bisa bebas memilih tema (template) sesuka hati (bisa cari template di google atau lainnya). Kalian juga bisa menulis buaaannnyyaaaakkk artikel dan tidak dibatasi.

Tips Belajar Blog Bagi Pemula

Perbedaan blogspot dan wordpress seperti ini. Kita ibaratkan saja toko. Nah kalo blogspot kan itu miliknya google, jadi ibaratnya pemilik toko tersebut adalah google dan kita yang disuruh mengelolanya.

Kalo wordpress gratis itu sama ya seperti blogspot. Untuk yang wordpress berbayar sendiri diibaratkan kita yang mempunyai toko, kita pemiliknya, dan kita yang mengelolanya.

Setelah itu saatnya anda memasuki tahap yang agak sedikit memakan waktu. Tahap tahap itu sebagai berikut.

  1. Daftar blog ke webmastertools, ini berguna untuk memberitahu google bahwa kita sudah mempunyai blog dan siap untuk menjalankannya.
  2. Isi sitemap situs anda, sitemap atau peta situs adalah suatu alat pelacakan agar robot google tidak tersesat di blog kita. Jadi semuanya sudah terkoordinir.
  3. Dekorasikan tampilan blog anda, jika tampilan blog anda menarik tentu pengunjung akan betah disana. Hindari penambahan widget yang tidak penting, seperti jam, burung beterbangan di blog, lagu di blog, dan lain lain. Pasti kalian memahami sendiri apa yang diperlukan blog anda dan apa yang pantas dibuang (tidak dipakai) di blog anda.
  4. Buat artikel yang mampu menarik pengunjung, bisa dengan artikel yang lagi hot trending atau yang lagi marak maraknya.
  5. SEO (Search Engine Optimized) optimasi mesin pencari. Untuk pembahasan seo dapat anda baca diartikel berikut ini. Pengertian SEO

Tips Belajar Blog Bagi Pemula

Itulah langkah langkah yang harus anda lakukan sebagai seorang pemula untuk membuat suatu blog. Langkah yang saya berikan ini harus anda praktekan dan yang pasti jangan berhenti di tengah jalan. Untuk PART II akan saya lanjutkan di artikel berikutnya dengan pembahasan traffik pengunjung, mendalami SEO, dan memahami Kode Kode yang ada di template.

Jika ada kesalahan dalam penyampaian informasi penulis meminta maaf yang sebesar besarnya, karena niat penulis adalah berbagi ilmu kepada banyak orang, khususnya pemula yang ingin belajar blog dan ingin mendalaminya.

Terima kasih sudah membaca artikel Tips Belajar Blog Bagi Pemula yang penulis sampaikan ini. Jika ada kritik dan saran yang membangun, penulis berharap sekiranya anda berkenan untuk berkomentar dikolom yang disediakan dibawah ini.

Tentang Penulis: Redaksian

Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.