cara agar artikel ke indeks google
cara agar artikel ke indeks google

Jurnaliscun.com – Selamat siang sahabat kang hafiz, kali ini saya akan membahas tentang cara agar artikel yang kita buat dapat terindex oleh google, sebelum artikel ini saya terbitkan, sebelumnya saya juga sudah pernah membuat artikel seperti ini, akan tetapi pada waktu itu isi dalam artikel belum sepenuhnya membahas tentang cara agar artikel yang dibuat dapat terindex oleh search engine google.

Artikel Terindex Google
Salah Satu Contoh Artikel Terindex Oleh Search Engine Google

Ada sekitar beberapa tips dari saya untuk sahabat sahabat kang hafiz, khususnya yang baru memulai ngeblog, saya buat artikel ini juga salah satu request dari fans saya di facebook, yang menginginkan panduan cara agar postingan ataupun artikel dapat terindex dalam search engine google.
Artikel masuk kedalam search engine google pasti itu lah keinginan pertama dari para blogger, karena tanpa artikel masuk ke dalam search engine, artikel pastinya tidak akan bisa di lihat oleh pengunjung.

Beberapa tips ini harus diperhatikan betul betul, agar bisa di mengerti dan bisa di amalkan dalam kegiatan ngeblog nya.

1. Daftarkan Blog Ke WebMasterTools (Search Console)

Tips satu ini biasanya para newbie, atau pemula yang baru memulai ngeblog, saya sarankan untuk mendaftarkan blog ke webmaster tools, kenapa harus didaftarkan kesana ? karena webmastertools adalah program google yang dibuat untuk memberitahu google bahwa ada blog baru yang harus di crawl atau di index. caranya silahkan anda kunjungi webmaster tools atau anda bisa lihat dibagian menu blog saya di bagian lainnya > search console

2. Pasangkan SiteMap Di Blog Yang Anda Kelola

Cara ini berguna agar robot google bisa langsung melacak atau masuk ke dalam blog anda, sitemap ini seperti peta, nah jika anda tersesat atau tidak tau arah jalan, peta itu pasti berguna untuk memberikan arah jalan , nah seperti itu juga bot google. Cara pasang nya bisa anda lihat di screenshoot yang saya bagikan ini

Sitemap Blog
Tampilan Site Map Blog Saya

nah, untuk script sitemap nya mungkin sahabat kang hafiz bisa mencarinya di google, ada banyak kok script sitemap yang bisa anda pasang buat blog anda,
Setelah dapat scriptnya, anda langsung ke webmaster > klik blognya > perayapan > site map (peta situs) , terus anda tambahkan peta situs dibagian “Tambahkan/Uji Peta Situs”
Cara kerja nya atau bisa dibilang script site map bisa terindex , cukup menunggu selama 1 sampai 2 hari.

3. Pasang Robot.txt Di Blog Anda

Saran selanjutnya dari saya, pasanglah robot txt di blog anda, robot txt berguna untuk membantu robot google untuk mengcrawl artikel anda, untuk pemasangan robot txt, perhatikan secara bijak, jika salah pemasangan, blog anda akan hilang dari pencarian google.
Untuk contoh robot txt yang saya rekomendasikan seperti ini

User-agent: Mediapartners-Google

Disallow:

User-agent: *

Disallow: /search

Disallow: /view/*

Allow: /

Sitemap: http://www.jurnaliscun.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

*Yang saya tandai warna biru, anda rubah dengan link blog anda sendiri, untuk robot txt ada banyak versi, versi diatas adalah versi standar robot txt. Jika anda mau versi lainnya bisa cari di google.

4. Untuk Pemasangan Tag Tajuk Robot

Jika sudah memasang robot txt, selanjutnya anda diharuskan memasang tag tajuk robot, gunanya untuk menandakan file file apa saja yang harus di indeks dan yang tidak harus diindeks, contohnya file yang harus diindeks yaitu artikel , yang tidak harus diindeks yaitu laman, archive, atau juga bisa halaman statis.
Untuk Screen Shoot , bisa anda lihat seperti ini

Tag Tajuk Robot
Tampilan Tag Tajuk Robot Yang Mampu Agar Artikel Terindex Google

Perhatikan baik baik bagian ceklisnya, jika salah ceklis blog tidak akan terindeks google. atau juga bisa semua bagian di blog akan terindeks google.

5. Submit Artikel Di WebMaster Tools

Langkah selanjutnya, diharapkan anda untuk submit artikel di webmaster tools, ini untuk memberitahu robot google bahwa artikel siap untuk di crawl dan siap juga untuk diletakkan di search engine google. Anda bisa langsung menujug ke sini 

Nah itulah tips dan cara agar artikel blog anda dapat terindex oleh search engine google, jika anda belum puas tentang peletakkan artikel di search engine google, dan mengharapkan artikel masuk ke halaman depan google, saran dari saya, anda harus mempejari SEO (Search Engine Optimization) Optimasi Mesin Pencari, Guna nya untuk memberikan dukungan agar artikel mampu menjadi yang terdepan, atau bisa dibilang mampu memberi dukungan agar artikel mampu bersanding di page one google.

BAGIKAN
Berita sebelumyaIdeologi Partai Politik
Berita berikutnyaCara Membuat Tulisan Terbalik Dengan Menggunakan Magic Tools
Mas Hafiz
Yang terpenting saat ini adalah bagaimana caranya kita menyediakan media pembelajaran untuk anak. Dan menciptakan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai wawasan yang luas.

3 KOMENTAR

  1. mantep nih tips cerdasnya,, tapi klo agar artikel jadi page one yang susah gan untuk blogger pemula kaya saya ini.. heheh

LEAVE A REPLY