Web Portal Pendidikan – Selamat pagi sob, mungkin ini hari yang kalian tungu tunggu ya untuk mendaftar online cpns (kemenkumham). Oh iya, dalam artikel kali ini saya akan memberikan tips lulus tes bahan cpns KEMENKUMHAM Tahun 2017. Bagaimana tips nya? mari kita simak.

SELEKSI PENDAFTARAN CPNS ONLINE 1 Agustus 2017 

Hari ini resmi dibuka pendaftaran CPNS Kemenkumham Tahun 2017, saya yakin ratusan ribu para pencari kerja antusias dengan pembukaan CPNS hari ini mengingat keputusan Presiden yang kini tak membuka lowongan CPNS setiap tahun kalaupun dibuka hanya untuk instansi tertentu yang sifatnya mendesak untuk memenuhi kebutuhan SDM.

Setiap hari ada puluhan pertanyaan yang masuk ke email, dm di instagram, serta komentar blog terkait informasi serta trik & tips lolos CPNS Kemenkumham.

Seleksi pertama pasti tes administrasi atau biasa disebut juga tes bahan. Bagian ini gampang-gampang sulit. Gampang sebab kita hanya butuh mendaftar online serta menyiapkan arsip yang diminta oleh panitia penyelenggara, apalagi tahun ini berkasnya sangat simple. Nggak butuh SKCK, Kartu Kuning, Surat berbadan sehat ataupun surat bebas narkoba.

Meskipun berkasnya nggak banyak dari tahun-tahun sebelumnya, namun juga jangan dianggap enteng hingga kamu lalai jadi bikin nggak lolos di bagian awal ini. kurang satu arsip saja, kamu bisa gugur.

Kirim arsip tapi nggak daftar online, gugur. Daftar online nggak kirim berkas, gugur. Salah alamat kirim berkas, gugur. Gambar kopiannya nggak jelas, bisa bisa kena dampak buruk juga (gugur).

Untuk mengantisipasi kalah sebelum berperang berikut saya bagikan tips lulus tes bahan seleksi CPNS berdasarkan pengalaman, semoga menolong ya.

  • BACA LEMBAR PERSYARATAN BERULANG-ULANG DENGAN TELITI

kamu pasti sering mendengar atau sering bertanya kepada panitianya, “pakai SKCK nggak mba?” “Ijazahnya SD-SMA ya?” “Pakai kartu kuning?” “Kirim berkasnya ke kanwil atau ke pusat?” Huft.. ini model yang malas baca persyaratan. Padahal semua telah tertera di pengumuman awal. Sederhananya, lampirkan arsip YANG DIMINTA SAJA. Jangan ditambah, ataupun jangan lebih juga.

  • DAFTAR ONLINE DULU, BARU KIRIM BERKAS

Sebab bukti untuk yang telah mendaftar online wajib dicetak serta dilampirkan di arsip yang dikirim via pos. So, jangan kebalik ya malah ke kantor pos dulu baru daftar online.

  • SIAPKAN KONEKSI INTERNET YANG KENCANG

Ada ratusan ribu orang yang ingin daftar, kalau kalian buka websitenya di pagi atau di siang hari dijamin lemot (lelet, loading nya lama kek keong -_-  ) itu karena servernya down. Coba di hari libur atau bisa di coba tengah malam ya, cari tempat yang koneksi internetnya kencang. Kalau mau ke warnet aja, tapi jangan lupa ajak mimin ya hehee..

  • PERSIAPKAN BAHAN YANG DIMINTA DALAM BENTUK FOTOKOPI YANG SUDAH DI SCAN UNTUK DAFTAR ONLINE

Selain memasukan data, calon peserta wajib upload berkas-berkas yang diminta dalam format pdf dengan ukuran untuk dokumen tidak lebih dari 300kb untuk ukuran gambar tidak lebih dari 200kb. Kalau nge-scan biasanya ukurannya pasti gede, diresize online aja sob, karna sekarang tidak sedikit kok situs online yang bisa digunakan untuk convert pdf. (Kalau nggak tahu caranya kamu harus belajar, tutorialnya ada kok di google buannyaaakk bangett).

  • SEBELUM DAFTAR ONLINE BACA DULU FAQNYA SUPAYA KALAU ADA KENDALA KAMU SUDAH TAHU SOLUSINYA

Sebelum daftar kepoin dulu situs webnya hingga tuntas https://sscn.bkn.go.id/faq

  • SIAPKAN PRINTER SAAT DAFTAR ONLINE

Biasanya nggak ada tombol save bukti pendaftaran jadi langsung cetak aja, atau bisa klik kanan save page as. Kalau ga bisa di save, langsung print aja (klik kanan print, atau bisa dengan CTRL + P).

  • CHECK AND RE-CHECK BERKALI-KALI SEBELUM SUBMIT DATA ONLINE, SEBELUM KIRIM BERKAS (HARUS TELITI SOB)

Pastikan data yang diinput benar, pastikan arsip yang dikirim sesuai. Cek terus sampai kamu yakin bahwa data yang dikirim sudah benar dan tepat.

  • MINTA RESTU ORANG TUA ( Ini Paling Penting Sob)

Kalau 7 poin di atas telah kamu lakukan insya Allah kamu dapat lulus. Tinggal berdo’a dan minta restu orang tua supaya dimudahkan segala urusan. “Dulu aku nyantai-nyantai aja tes cpns, bapak aku niat banget. Hingga-sampai beliau tahajud tiap hari doakan aku. Jadi aku yakin ketika aku lulus, bukan semata-mata karna performa aku tapi karna do’a dari orang tua.” (didapat dari hasil wawancara dengan seseorang yang sudah lulus cpns).

Jika kamu bersungguh sungguh pasti akan ada kemudahan bagimu. Kami dari pihak administrator belapendidikan.com berharap kalian bisa lolos tes bahan cps kemenkumham dengan mudah. Dan dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Nah, itulah sedikit tips yang bisa kamu lakukan untuk lolos tes bahan. Nantikan kembali artikel artikel yang berkaitan dengan tes cpns kemenkumham 2017. Akan ada banyak tips dan informasi terbaru terkait CPNS KEMENKUMHAM 2017. Sampai jumpa di lain waktu.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com