Web Portal Pendidikan – Hari minggu seperti biasa admin akan memberikan informasi informasi tentang dunia maya. Misalnya kita ambil toko online. Dalam artikel kali ini admin akan mengutip judul “Waspada Belanja di Toko Online.” Buat kamu yang suka belanja online di toko online, admin akan memberikan sedikit tips buat kamu.

Waspada Belanja di Toko Online

Jual beli online di zaman moderen ini boleh dikatakan telah menjadi tren bagi semua masyarakat baik dari kalangan menengah keatas atau menengah kebawah. Sesuatu yang wajar terbukti mengingat dengan berbelanja dengan cara online kamu tidak butuh lagi repot-repot untuk wara-wiri mencari barang yang kamu inginkan.

Apabila ingin membeli sebuah barang, maka kamu akan mencarinya dengan cara online lalu memesannya. Mudah dan praktis, apalagi saat ini tarif internet sudah bisa dikatakan terjangkau dan bukan lagi menjadi faktor yang mewah.

Meskipun jual beli online banyak membawa dampak yang positif tetapi nyatanya dibalik itu ada faktor negatif yang harus Kamu waspadai. Faktor yang dimaksud adalah meningkatnya angka penipuan dengan cara online dengan beberapa macam modus.

Maraknya penipuan ini tidak boleh kamu pandang sebelah mata mengingat sudah banyak sekali korban yang berjatuhan dengan angka yang mencapai puluhan ribu sampai puluhan juta rupiah.

Meski telah membuat bayak korban, bukan berarti kamu tidak dapat mencegah adanya penipuan dengan cara online tersebut. Salah satu caranya adalah dengan rutin mewaspadai serta selektif dalam memilih toko online untuk berbelanja dengan cara online.

Tidak hanya itu, sikap waspada serta pengetahuan yang lumayan terutama dalam bertransaksi dengan kartu kredit dengan cara aman utama harus kamu kuasai.

Di Indonesia, pemakaian kartu kredit sudah lazim dipakai seiring dengan terus meningkatnya merchant serta toko online yang melayani transaksi barang serta jasa dengan cara online. Dalam bertransaksi, Kamu butuh memperhatikan modus yang biasa dilakukkan dalam penipuan berkedok online. Bagaimana caranya? Simak beberapa trik berikut ini.

Beberapa Cara Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Mewaspadai Kedok Penipuan Online

jangan tergiur harga murah dan terjangkau
jangan tergiur harga murah dan terjangkau

1. Jangan Tergiur dengan Barang yang Terjangkau

Salah satu taktik penipu untuk memancing korbannya adalah dengan memasang harga barang yang sangat terjangkau daripada harga yang ada di pasaran. Apabila kamu berbelanja online serta menemukan sebuah toko online yang memasang harga terjangkau, maka kamu harus membiasakan diri agar tidak tergiur dengan apa yang dipromosikan.

Akan lebih baik lagi apabila Kamu memilih toko online yang terbukti telah terpercaya jadi transaksi yang Kamu lakukann sangatlah tidak beresiko. Apalagi saat ini juga telah terdapat website polisionline.com yang dapat Kamu jadikan acuan untuk memilih toko online, apabila nantinya terjadi penipuan oleh pihak toko online maka pihak polisionline lah yang bakal bertanggung jawab. Sebab mereka bertugas untuk memverifikasi toko online yang telah terdaftar.

2. Simpan dengan Baik Segala Bukti serta Transaksi yang Kamu Lakukan

Jangan membuang bukti yang berkaitan dengan transaksi semacam bukti perbincangan melewati SMS dan juga bukti transfer kamu. Supaya lebih aman sebaiknya kamu menyimpan segala bukti tersebut sampai barang yang kamu pesan telah berada di tangan. Faktor ini berfungsi untuk berjaga-jaga apabila seandainya kamu menjadi korban penipuan.

3. Jangan Berpatokan Pada Testimoni

jangan berpatokan pada testimoni
jangan berpatokan pada testimoni

Dahulu, menonton testimoni milik sebuah toko online dapat menjadi acuan Kamu ketika bakal memilih toko online. Tetapi faktor ini tidak berlaku lagi pada saat ini. Oknum-oknum penipuan kini sudah pintar dalam mengelabui para korbannya. Faktor ini terbukti dengan tidak sedikitnya korban penipuan, sebab mereka terlena dengan testimoni palsu si penipu.

4. Minta Keaslian Gambar Barang (orisinil)

Dalam beberapa permasalahan penipuan terdapat beberapa trik dan cara yang dilakukan oleh penipu. Salah satu trik si penipu adalah dengan mengirim barang yang tidak sesuai dengan aslinya, bahkan dalam beberapa permasalahan si penipu tersebut tidak mengirimkan barang yang di pesan dan hanya mengirimkan kardus kosong terhadap si pembeli.

Untuk menghindari faktor tersebut, sangat penting bagi kamu untuk memeriksa gambar barang yang bakal Kamu beli. Sebab bisa saja si penipu tersebut mengambil gambar dari Google. Oleh sebab itu, pastikan Kamu rutin untuk terus meminta gambar barang yang bakal kamu beli.

Waspada Belanja di Toko Online

5. Utamakan COD (Cash on Delivery)/Ketemuan Langsung Bro

Selalu utamakan COD / Ketemuan langsung
Selalu utamakan COD / Ketemuan langsung

Ketika Kamu membeli sebuah barang, usahakan kamu mencari toko dan penjual online yang dekat dengan lokasi kamu. Mengapa Demikian? Supaya Kamu dapat melakukan transaksi dengan cara COD (Cash on Delivery) alias transaksi langsung dengan berjumpa si penjual. Dengan demikian Kamu dapat memeriksa langsung barang yang Kamu beli sekaligus meminimalkan tindak penipuan.

6. Memakai Jasa Pihak Ketiga (Rekber)

Apabila COD tidak memungkinkan bagi kamu, maka sebaiknya kamu memakai jasa pihak ketiga untuk memfasilitasi transaksi kamu dengan penjual. Pihak ketiga yang dimaksud di sini adalah jasa Rekening Bersama atau yang biasa saya sebut dengan Rekber. Jasa rekber nantinya bakal bermanfaat untuk menjaga transaksi kamu tetap aman, tetapi dalam memakai jasa ini kamu pastinya akan mengeluarkan sedikit biaya.

Rekber bakal membuat kamu tenang dalam melakukan transaksi. sebab uang yang kamu transfer ke pihak penjual nantinya bakal ditahan dulu oleh pihak rekber serta uang tersebut bakal dicairkan terhadap penjual apabila pembeli telah menerima barang yang dibeli serta memeriksanya.

Apasih Gunanya Meminta Nomor Resi Pengiriman ?

7. Meminta Nomor Resi Pengiriman

mintalah nomor resi pengiriman barang
mintalah nomor resi pengiriman barang

Nomor resi adalah bukti nomor barang yang bakal dikirimkan kepadamu melewati jasa ekspedisi pengiriman barang. Apabila barang yang Kamu beli terbukti telah dikirim maka tidak akan ada lagi argumen bagi penjual untuk tidak memperlihatkan nomor resi pengiriman keppada kamu.

Ketika Kamu meminta nomor resi pengiriman tetapi sang penjual tidak mau memberi nomor resi tersebut, maka kamu harus mencurigai penjual tersebut sebagai penipu sebab perilaku yang diperlihatkan tersebut juga adalah ciri-ciri seorang penipu.

Biasanya penipu bakal berdalih dengan sejuta argumen untuk mengulur-ulur waktu pengiriman resi lalu akhirnya menghilang. Apabila pada akhirnya nomor resi telah dikirimkan maka ada baiknya kamu memeriksa dengan cara berkala nomor resi tersebut di website jasa ekspedisi. sebab bukan tidak mungkin penjual bakal mengabolisi (mengakali) pengiriman keesokan harinya.

8. Minta Rekomendasi Dari Kerabat, Teman dan Keluarga

Meminta rekomendasi dari kerabat kamu yang telah berpengalaman dalam berbelanja online juga dapat Kamu ikuti. Dengan begitu kerabat kamu itu akan memberikan pengalamannya kepada kamu mana toko online yang terpercaya berdasarkan pengalaman dia ketika berbelanja online sebelumnya.

9. Menghindari Penipuan Kartu Kredit

menghindari penipuan kartu kredit
menghindari penipuan kartu kredit

Berhati-Hati Terhadap Setiap Email yang Masuk. Pelaku penipuan yang mengincar data data kartu kredit Kamu biasanya bakal memakai email sebagai sarana untuk menjalankan aksinya. Oleh sebab itu, bila ada sebuah email di inbox Kamu dan meminta data data rekening dan kartu kredit, maka sebaiknya kamu mengabaikannya, sebab kemungkinan besar faktor tersebut adalah ulah si penipu.

Apabila kamu memakai Gmail biasanya ketika ada email masuk yang mencurigakan email tersebut akan masuk ke folder spam. Apabila kamu mendapatkan hal semacam ini sebaiknya dipelajari lalu saling share dengan netizen lain supaya tidak mudah tertipu dengan modus yang sama.

Berhati-Hatilah Ketika Melakukan Sebuah Pendaftaran ke Sebuah Website

Sah-sah saja apabila Kamu berniat untuk melakukan registrasi pada sebuah website untuk melakukann pendaftaran. Tetapi apabila ketika proses pendaftaran website tersebut meminta kamu untuk memasukkan data sensitif terkait rekening ataupun kartu kredit kamu maka segera batalkan pendaftaran tersebut.

Hal ini dikarenakan ketika kamu memasukkan data-data sensitif tersebut, maka kemungkinan besar bakal ada pihak-pihak yang dapat mengakses rekening dan kartu kredit kamu serta bisa saja saldo kamu bakal habis terkuras tanpa sisa.

Pemakaian internet di seluruh negara setiap hari terus bertambah tidak sedikit jumlahnya. Dan banyak dari para netizen ini tidak hanya sekedar untuk memperoleh sebuah informasi tetapi juga untuk berbelanja dengan cara online.

Faktor ini dapat berakibat pada meningkatnya resiko penipuan dengan cara online dan kamu harus senantiasa waspada. Bagi para oknum penipuan pasti terus berusaha untuk mengembangkan modus penipuan online ini dan oleh sebab itu ada baiknya kamu menerapkan semua trik dan cara diatas ketika berbelanja online untuk menghindari segala bentuk penipuan yang pasti saja dapat menyesatkan.

Semoga poin poin diatas dapat membantu kamu dalam mengatasi belanja di toko online. Mungkin sampe disini dulu artikel tentang Waspada Belanja di Toko Online.

Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk pengembangan artikel ini lebih lanjut. Silahkan berkomentar dibawah ini dan nantikan artikel artikel lainnya dari kami. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ahmad Andrian F
Bukan penulis profesional namun selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para pembacanya. Mencerdaskan generasi milenial adalah tujuan situs ini berdiri. 800 Penulis sudah gabung disini, kamu kapan ? Ayo daftarkan dirimu melalui laman resmi belapendidikan.com